Tag Archives: Communication

Going to extra miles

Going extra miles adalah pepatah yang bisa memotivasi  agar bisa menjadi lebih baik dalam kualitas diri arti umumnya kira – kira adalah =  memberikan lebih daripada yang diharapkan dari seseorang.  Kalau saya mengartikannya sebagai mesti melakukan daya dan upaya itu lebih dari yang diminta analoginya begini:

  1. Kalau nilai kelulusan sekolah adalah minimal 7 maka saya mesti mendapatkan nilai 8.
  2. Kalau pimpinan kerja saya mengharapkan pekerjaan tuntas besok maka saya mesti tuntaskan hari ini.
  3. Apabila teman – teman saya kuliah sampai S1 maka saya harus sampai s2.
  4. Kalau orang di sekitar saya suka berbelanja ke mall atau jalan – jalan ke tempat rekreasi kita jangan hanya ikutan jalan – jalan dan rekreasi tapi kita menciptakan mall atau tempat rekreasinya.
  5. Kalau orang shalat hanya yang wajib saya mesti menambahkan shalat yang sunah rawatib, dhuha dan lainya.

Itu analogi yang coba saya berikan, tetapi analogi tersebut juga tidak perfectionis atau kudu dan wajib di karenakan di dalam diri itu ada yang namanya penyakit riya atau terselib kesombongan yang terkadang tidak di sadari, tentunya hal di atas di lakukan dengan tujuan untuk menjadi lebih baik memiliki nilai lebih dan menggedor semangat agar terus berkreatifitas jangan puas sampai pencapaian yang standart kalau bisa berbuat lebih kenapa mesti berbuat yang biasa.

Saya merasa senang di waktu kecil di kala lebaran tiba,  karena apa?  saya sering mendapatkan uang dari sanak – saudara dan handai taulan yang di hari – hari biasa untuk mendapatkan seribu saja hanya mimpi, nah di hari lebaran justru   beribu – ribu saya dapatkan, arti dari cerita saya adalah bahwa yang saya impikan seribu tapi kenyataanya saya mendapatkan lebih, secara manusaiwi itulah kenapa kita mesti going to extra miles.

Apabila diri kita terbiasa melakukan going to extra miles dalam kondisi apapun dengan di sertai niat ikhlas , legowo dan benar – benar dengan mencari ridho Allah , sepantasnya akan mendapatkan benefit lebih.

Di novel negeri 5 menara yang saya baca sewatku liburan tanggal 18 – 20 /12/09  kemaren di ceritakan bagaimana kehidupan siswa pondok pesantren  di biasakan untuk melakukan going to extra miles dengan pemberlakuan menggunakan bahasa asing yaitu arab dan english dalam percakapan sehari – hari selama 24 jam dan bagi yang melanggar dikenakan hukuman yang ketat sampai – sampai di keluarkan dari pondok apabila melanggar, semenjak 4 bulan menginjakkan kaki di dipesantren tersebut. Di awal diceritakan bagaimana sulitnya mengikuti program tersebut tetapi dengan pengkondisian tersebut maka hal itu menjadi nyata setelah masuk di bulan 5 maka mereka menjadi lancar dan terbiasa dan mereka memperoleh hasil yang luar biasa . Inti dari hal tersebut adalah going to extra miles.

Kata – Kata Motivasi

Belajar dari hari kemaren untuk hidup hari ini dan menjadi yakin untuk hari esok, kata – kata ini saya ambil dari andrie wongso. Hari ini sedikit ngerasa drop lagi nih motivasi nah iseng – iseng cari dan buka websitenya andriewongso karena kebetulan saya yang handle server hostingnya. Eh nemuin dah kata – kata itu jadi aku renungkan.

Belajar dari kejadian – kejadian ataupun hal – hal yang sudah di lewati di hari kemaren itu rasanya bener banget deh, karena hidup memang terus berjalan, dan konseptualisasi  memang luas tetapi di pahami secara simpel aza akan lebih nyaman karena kemaren ini bisa di artikan sehari, dua hari atau malah sepanjang kehidupan kita yang sudah di jalani jadi pengertian kemaren memang bisa ambigu tetapi akan lebih cantik apabila pengertian tersebut di artikan kehidupan kita yang telah di jalanan dari lahir sampai detik saat ini.

Trus hari ini, detik inilah kita mesti menikmati kehidupan tersebut artinya apa? kita boleh menabung bermimpi dan juga melakukan hal – hal yang terus kita inginkan agar tercapai apa yang di cita – citakan tetapi detik saat inilah sebenarnya kita hidup itu bukan besok kemaren ataupun akan datang makanya rasa syukur atas yang kita punya detik ini dan hari ini itu mesti di lakukan dan  di manfaatkan sebaik mungkin jangan terlewat tanpa makna serta berbuat yang berarti positif walupun terkadang kenyataan berkata lain. So enjoy bersyukur dan terus berkontribusi yang baik apapun bidang yang kita geluti.

Setelah kita menikmati hari ini tentu kita juga punya hak dan juga pandangan akan hari esok nah kalau hari ini sudah positif dengan kontribusi yang positif pula maka hari esok pun akan ceria dan semangat terus berkobar dalam diri.

Rasisme di inggris

Kemaren pas ultah sobatku memberikan hadiah berupa novel yang berjudul “bocah muslim di negeri james bond”, saat ini masih baca dan belum selesai di awal – awal buku ini di ceritakan bagaimana dia sebagai imigran dari pakistan yang tinggal di inggris mendapatkan perlakuan rasisme. Nanti saya ceritakan deh kalau sudah selesai bacanya. Btw jadi penasaran apakah kehidupan di inggris seperti itu, bukankah mereka itu tinggi dalam peradapan ilmu pengetahuan bahkan ajaran agama mayoritas juga mengajarkan kasih sayang sesama umat manusia. Saya coba search di google dan mencarai mengenai rasisme ini : ini salah satu tulisan mengenai rasisme tersebut:

Wartawan Muslim “Abadikan” Tingginya Rasisme Inggris

“LONDON (SuaraMedia News) – Menyamar sebagai suami dan istri Asia, dua wartawan Muslim Inggris telah mendokumentasikan skala bangkitnya kembali rasisme dan pelecehan, baik verbal dan fisik, di kota Bristol Inggris, memfilmkan diri mereka sendiri ketika diganggu, diserang dan secara rasis dilecehkan.

“Dari saat itu rekan saya Amil Khan dan saya melaju ke jalan yang akan menjadi rumah kami selama bulan-bulan mendatang, kami menjadi subyek dari pandangan terdingin yang pernah saya alami,” kata Tamanna Rahman, seorang reporter asal Asia.

Rahman dan Khan, menyamar sebagai suami dan istri Asia, pindah ke sebuah rumah di Bristol awal tahun ini dan menggunakan kamera tersembunyi untuk merekam sikap orang terhadap mereka.

Selama delapan minggu mereka tinggal, mereka merekam lebih dari 50 insiden terpisah mengenai serangan rasis, baik untuk ras dan agama mereka.

“Saya tidak menghadapi sebanyak rasisme dalam hidup saya seperti yang saya alami selama delapan minggu ini,” kata Rahman.

“Selama penyelidikan kami, gelas, kaleng, botol dan batu-batu pernah dilemparkan kepada saya,” ia menambahkan.

“Pada hari kedua saya di perumahan saya ada batu yang dilemparkan ke arah saya saat saya kembali dari belanja perjalanan.”

Dalam satu adegan, batu-batu yang dilemparkan ke arah Rahman dan dia disuruh keluar dari daerah itu.

Seorang anak laki-laki juga telah mengancam untuk membunuhnya dan mencoba mencuri tasnya.

Klip lain menunjukkan disebut “Raghead” dan diberi tahu “Pergilah. Irak ke arah situ. ”

“Saya dipanggil “Paki” dan kata-kata kotor dilontarkan pada saya saat saya lewat.”

Kata “Paki” adalah slang menghina untuk imigran atau keturunan dengan latar belakang Pakistan.

“Saya hanya tidak mengira manusia bisa seperti itu,” kata Rahman.

Inggris memiliki minoritas Muslim yang cukup besar, lebih dari dua juta, sebagian besar dari Pakistan, Bengali dan India.

Tamanna berbicara tentang petualangan menyakitkan yang harus ia tahan di Bristol.

“Begitulah setiap kali saya meninggalkan rumah, dan dari banyak orang yang saya temui, saya akan mendapati mereka mengerutkan dahi dan umumnya dibuat merasa tak menyenangkan, apakah mereka berada di jalan, di kebun mereka, melihat keluar dari jendela kamar tidur mereka atau di dalam mobil.

Dia mengatakan pengalaman pelecehan berkisar dari serangan fisik hingga penghinaan.

“Saya sangat menyesali bahwa hal itu akan terus bersama saya pada saat-saat paling buruk yang pernah saya alami ketika saya berjalan keluar dari sini.”

Bristol adalah kota terpadat yang kedelapan di Britania Raya (Inggris Raya) dan keenam Inggris.

Ini adalah pusat kebudayaan, lapangan kerja, dan pendidikan terbesar di Inggris.

Sensus tahun 2001, 60 persen dari populasi Bristol mengatakan mereka Kristen, dan 25 persen menyatakan mereka tidak religius.

Islam membentuk 2 persen dari populasi dan komunitas Muslim dilayani oleh sekurang-kurangnya tiga Masjid.

Etnis minoritas Inggris secara tersiksa oleh rasa sakit rasisme dengan perkiraan 87.000 anggota etnis minoritas menjadi korban dari kejahatan termotivasi rasial.

Angka-angka juga menunjukkan bahwa etnis minoritas memiliki pengangguran terburuk dan mengalami krisis perumahan di negara itu.

Sekitar 70 persen dari semua etnis minoritas tinggal di 88 daerah yang paling kekurangan, dibandingkan dengan 40 persen dari populasi umum.

Rekaman mereka akan ditayangkan dalam sebuah acara dokumenter Panorama, yang berjudul Hate on the Doorstep (Kebencian di Ambang Pintu). Program ini akan ditampilkan dalam minggu pemimpin Partai Nasional Inggris, Nick Griffin, akan muncul di BBC1 Question Time.

Program itu mendengar dari yayasan amal lokal, Support Against Racist Incidents, yang mengatakan bahwa kasus-kasus seperti itu adalah rutin. Insiden ini telah ditangani dengan baru-baru ini termasuk orang-orang yang diancam dengan pisau dan dilempar telur atau bom air di rumah mereka. (iw/iol/gd) sumber www.suaramedia.com”

Anakku

Perjalanan pernikahanku sudah terjadi selama 5 bulan lebih 18 hari , ukuran yang cukup untuk bisa di katakan sudah berjalan dan sukses pernikahan tersebut dalam konteks sudah menikah artinya. Dalam 5 bulan tersebut banyak hal yang aku rasakan dan alami, sebelumnya tinggal sendiri di kost yang bisa di artikan dalam segala hal di lakukan sendiri dari nyuci, cari makan , nyetrika bahkan tidur pun sendiri seperti lagu bujangannya bang roma irama .. kemana – mana gak ada yang larang tapi gak enaknya tidur sendirian h haaa.. bener banget tuh lagu kalau di cocokkan dengan kehidupan anak kost.

Dan pada saat sekarang setelah menikah semua itu berubah ke hal yang lebih baik kehidupan teratur makan juga teratur dan kebahagiaan tersemai di dalam keluarga, ada tempat bercerita ada tempat berbagi kebahagiaan. Dan kesulitanpun juga di hadapi bersama, banyak hal yang saya pelajari contohnya : bagaimana memanage keuangan agar bisa survive, bagaiamna manajemen waktu agar pekerjaan rumah dan kantor tidak telat, bagaimana memberi perhatian terhadap istri dan keluarga, bagaimana memanage emosi dan rasa amarah, dan banyak hal yang bagi saya itu baru, alhamdullilah dengan bekal yang sudah aku siapakan dengan ilmu yang aku pelajari dari S2 moestopo bisa sangat membantu menghadapainya. Dari hal yang positif di atas bisa saya ambil garis horisontal bahwa betul apa yang di ajarkan ISLAM dalam hadist bahwa menikahlah karena menikah adalah setengah dari agama. “”Apabila seorang hamba menikah maka sungguh orang itu telah menyempurnakan setengah agama maka hendaklah dia bertakwa kepada Allah dalam setengah yang lainnya.” (Hadits ini dishahihkan oleh Al Banni didalam Shahihut Targhib wat Tarhib)”

Kemaren sore sepulang dari kantor saya mengajak istri tercinta untuk datang ke bidan deket rumah untuk mengecek apakah betul istri sudah mengandung buah cinta kami , dan puji syukur Alhamdullilah di pastikan istri saya positif , rasa bahagia  dan senang mendengarnya terbayang bagaimana saya yang kemaren masih anak – anak sekarang sudah siap – siap menjadi seorang ayah dan bapak yang mesti menjadi imam dan perlindungan buat anak dan keluarga dan inilah tantangan yang saya yakini memiliki nilai ibadah di sisi Allah. Selamat datang annakku aku rindukan kehadiranmu dalam menapaki kehidupan dan mencari rido Illahi.

Komunikasi bersifat tidak bisa diubah

irreversibleKomunikasi adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain, sering kali kalau kita berbicara ke orang terkadang tidak terkontrol. Semisal bagaimana dalam kampanye kemaren mantan presiden RI Megawati berbicara pada saat kampanye yang mengatakan: ” penerima BLT itu merendahkan martabat menggadaikan kehormatan”. Efeknya terhadap khalayak ada yang pro dan kontra. Sekali pesan itu terkirimkan ke khalayak maka tidak bisa di tarik kembali secara keseluruhan efeknya. Ibarat panah yang lepas dari busur tidak bisa di tarik kembali dan panah itu terus berjalan menuju arah kemana dia di lepaskan walaupun panah itu tidak tepat sasaran ataupun bisa di gagalkan tetapi memahnya itu tetap ada.

Kembali ke contoh kampaye Ibu Megawati tadi dengan berbicara seperti itu maka walaupun dengan mengeluarkan iklan yang mendukung BLT untuk menetrasilir ucapan beliau tetapi  akhirnya membuat dukungan terhadap beliau berkurang karena yang  membuat citra   belaiu terlihat tidak elegan, plin – plan bahkan pendendam. Padahal apabila beliau sadar pada saat kampanye tersebut bahwa komunikasi bersifat tidak bisa diubah ( irreversible) maka hal seperti itu tidak akan terjadi.

Begitu pula dalam kehidupan kita sehari – hari dalam mengeluarkan pesan terhadap orang lain atapun siapapun semestinya  perlu berhati – hati karena kita tidak bisa menghilangkan efeknya sama sekali kita hanya mampu mengurangi efeknya tetapi tidak bisa menghilangkan sama sekali meskipun di ralat sekalipun.  Semisal kata – kata yang mencela orang lain mengeluarkan cacian. Karena sudah kodratnya manusia “ kita bisa memaafkan tapi sulit untuk melupakan”.  Contoh nyata bagaimana di kala kita tersakiti hatinya kita mampu untuk memafkan tetapi akan terus teringat sampai akhir hayat.

Search enginpun memperingati hari kartini

Hari kartini setiap tahun selalu diperingati oleh warga negara indonesia. Beliau adalah pejuang perempuan yang mendobrak pemikiran bahwa perempuan hanya di balik layar kalau di istilahkan sumur, dapur dan kasur tetapi seorang perempuan bisa bergerak di segala lini kehidupan tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita habis gelap terbitlah terang.

Menarik untuk di cermati bagaimana search engine sebesar google.co.id dan yahoo.co.id mereka menampilkan peringatan terhadap Ibu kita Kartini:

hari-kartini1yahoo

Tentunya menarik dilihat dari sisi komunikasi mereka ingin menyampaikan pesan bahwa google itu adalah peduli akan pahlawan indonesia begitu pula yahoo, mereka  menyampaikan pesan bahwamereka adalah bagian dari bangsa indonesia dengan begitu akan tertaman di public bahwa mereka peduli ber.

Tentu kita mahfum bahwa dengan cara seperti itu maka penetrasi mereka di indonesia akan lebih kuat lagi sebagai search engine besar di dunia jadi mereka bisa di terima baik dunia ataupun skala nasional.

Sadarkah kita bahwa mereka aza perduli menghargai jasa Ra Kartini sudahkah kita sebagai warga negara indonesia meneruskan langkah beliau.

Bolehlah kita renungkan sejenak disela aktifits kita dalam keseharian.

Komunikasi itu apa ya?

communication_01Sebagai makluk sosial kita hidup di dunia ini selalu berhubungan dengan orang lain. Di rumah enaknya ngapain ? ngobrol dengan Ibu , Bapak, saudara keponakan adik kakak nenek kakek semua yang menjadi anggota keluarga apalagi kalau ada hal yang seru untuk di bicarakan semangat banget semisal yang lagi hangat nih ngobrolin tentang situasi terakhir kasus situ gintung.

Pasti tertarik donk ngobrolin atau ngomongin bagiamana sebuah danau sebesar 21 hektar jebol dan airnya meluluh lantakkan apapun yang di sekitarnya tidak pandang bulu dari bayi sampai orang tua di hajar oleh keganasannya. Hal itu di sebut komunikasi : coba saya ambil pengertian komunikasi menurut wikipedia :"Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masihdapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal". Dari pengertian ini bisa di coba dipilah ada apa aza sih di dalamnya yaitu : Proses penyampaian pesan. Pihak yang menyampaikan dan pihak yang menerima dari pada pesan.

Tujuannya untuk mempengaruhi di antara keduanya. Komunikasi bisa di bagi menjadi dua yaitu verbal ( kata – kata , lisan) dan Non Verbal ( gerak badan, kerlingan mata, senyuman, wajah angker ataupun pelototan mata).

eye_contact

Ternyata komunikasi itu adalah suatu proses yang menarik untuk di pelajari. Terkadang untuk berbicara dengan orang itu tidak mudah apalagi dia pimpinan atau orang yang mempunyai jabatan akan terasa sulit jangankan berbicara untuk bertemu aza sudah serem tetapi itu semua manusiawi kan. Dan bagaimana caranya agar bisa berkomunikasi yang baik , tidak serem ,tidak deg degan mengungkapkan pendapat dengan tenang ? banyak cara untuk melakukannya.

Faktor komunikasi memegang peranan penting bagaimana pembicaraan kita menjadi menarik dan nyaman. Hal yang perlu selalu di ingat bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan, pada saat penyampaian pesan itu terkadang tidak selalu mulus atau ada gangguan semisal bahasa tidak jelas suara kurang keras atau malah tidak di mengerti sama sekali dengan adanya faktor deg – degan tadi, hal – hal seperti ini perlu di perhatikan trus di tambahkan juga dengan tatapan mata. Tatapan mata itu mengandung unsur penting kenapa dengan tatapan mata ini terlihat banyak makna di dalamnya.

Contoh kalau mata melotot bisa di artikan kaget takut atau malah marah atau terpesona. Dari tatapan mata ini kita mesti pintar menggunakanya semisal berbicara sesama teman dengan penuh pengertian dengarkan dengan baik perhatikan dengan penuh semangat berikan tanggapan ke teman kita ambil salah satu kata dari dia dan tanyakan maka teman kita akan merasa di perhatikan dan di dengarkan apa yang dia bicarakan maka komunikasi akan berjalan dengan baik dan menyenangkan. Inilah yang di sebut proses penyampaian pesan kalau pesan sudah di sampaikan dengan baik, jelas tidak ada gangguan selanjutnya adalah si penerima pesan akan merespon memberikan tanggapan seperti yang kita inginkan. Kalau di judul tulisan saya di atas ada pertanyaan

Komunikasi itu apa ya?

Jadi komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang yang memberikan pesan ke seseorang yang menerima pesan dengan maksud untuk mendapatkan respon atau tanggapan. Satu definisi tentang komunikasi sudah di bahas selanjutnya dengan definisi dari sumber lain.