Belajar Instagram ads

Beberapa hari ini saya fokus ngutak – utik promosi instagram. Dengan alasan untuk meningkatkan penjualan. Berawal dari dropnya penjualan minuman saya, saat hire marketing  dengan target penjulan 300 pcs perhari tetapi factnya 50 botol sehari saja tidak tercapai.  Dengan terpaksa setelah berjalan selama 3 bulan kami cut off.

Selanjutnya saya explore menggunakan segala cara bagaimana cara  untuk menjual, diluar metode penjualan  offline yang terbatas , saya menggunakan network yang lagi – lagi  sangat terbatas maklum saya termasuk orang yang kurang gaul, setelah berselancar kesana -kemari tanpa ada suhu yang mengajari , akhirnya saya mendapatkan keyword “facebook ads”.

Banyak juga iklan bertebaran pelatihan facebook ads dengan janji mendapatkan keuntungan berlipat, sebagai orang yang selama ini berkecimpung di bidang it walaupun berbeda hal yang di fokuskan, kalau sebelumnya main di insfrastruktur, server, datacenter dll, sekarang saya move ke ranah digital marketing sebenarnya ada nyambungnya dengan studi yang saya tempuh di pascamoestopo di bidang Public Relations masih berkenaan dengan komunikasi .

Ok back to facebook ads saya lebih suka menggunakan instagram kenapa karena content saya di fb kurang, dan yang sudah saya jalankan instagram  dengan segala keterbatasn kualitas foto  kadang buram kadang terlalu terang tapi whatever itu yang saya lakukan adalah mulai dan terjun ke tkp, perbaikan nanti sambil jalan, saya menjalankan the power of nekad karena berdasarkan pengalaman kalau menunggu semua ready gak jalan alias omdo.

Setelah melihat sebentar tutorial di youtube entah video siapa yang saya tonton waktu itu, saya pilih gambar dan pilih Promote kebetulan ig saya setting bahasa english karena sudah terbiasa menggunakan bahasa tekhnis kalau menggunakan bahasa indonesia standart melayu, saya malah stress karena  gak nyambung dengan apa yang maksud.

Selanjutnya diminta untuk memasukkan pembayaran saya pakai  metode pembayaran cc, yang sebelumnya saya hancurkan tapi sebenarnya masih aktif selama ini tidak saya pakai, Progress ternyata tidak susah, ada opsi pembayaran pakai transfer, tetapi di awal saya belum paham dan baru setelah beberapa kali promosi saya paham akan hal itu nanti akan saya tulis khusus tentang bagaimana menambahkan opsi pembayarn melalui transer bank.

Saya tes pertama di tanggal 25 oktober 2017 dengan budget Rp 20.000 , dan terus coba nekad naikkan budget jadi Rp 274.000 untuk 27 Hari dan masih berlangsung sampai hari ini progres iklan tersebu. Oww ya set back kebelakang untuk harga iklan adalah Rp 10.000 dalam sehari coba saya tunjukkan hasil dari iiklan tersebut:

Saya mendapatkan 40.426 (Impression) 146 (engagement) , 21.893 (viewed Promotion)

Gender 68 % men 32 % Women Uang yang terpakai Rp 188.671 dan masih ada 7 hari lagi alokasi waktu.

Saya awalnya bingung juga gimana sih ini baca datanya nanti di post lain akan saya detailkan intinya adalah dengan budget terpakai 188 tadi iklan saya sudah di lihat 40 ribu lebih orang bayangkan kalau posting biasa dapet 1000 saja sudah joss dan  saya belum pernah mendapatkan itu.

Dengan hasil itu makanya saya terus pelajari bagaimana menggunakan facebook ads yang terhubung melalui instagram next akan saya tulis pengalaman saya one by one ya biar makin ok.

Saya berkesimpulan sampai saat ini bahwa facebook ads cukup bagus dan mantab untuk menaikkan viewer yang ujung – ujungnya mendatangkan pembeli. Dan Bener saja penjulan saya meningkat tetapi yang saya promokan ini bukan minuman tetapi saya test di produk baru saya siomay wondes.

Saya terus pelajari bagaimana memaksimalkan penggunaan facebook ads karena banyak penggiat online digital yang menginformasikan kalau mereka bisa mendapatkan omset puluhan dan ratusan melalui ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.