Mengurus izin P-IRT

Untuk menembus pasar yang lebih luas dalam menjual produk segertea, saya melanjutkan dengan mengajukan izin PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga).

Proses perijinan tak seindah yang di bayangkan yang katanya 7 hari dan lain lain, bulan november 2016 team segertea datang ke dinkes jakata barat di sana di daftar dan diberikan beberapa form yang harus dilengkapi.

List persyaratan sebelum proses pengajuan P-IRT semua form di dapat di pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)  gedung walikota Jakarta Barat.

Salah satu persyaratan yang mesti dilengkapi adalah sertifikat penyuluhan keamanan pangan yang di lakukan oleh pihak dinkes jakarta barat. Nah menunggunya ini yang ternyata perlu berbulan – bulan, setelah lama  menunggu jadwal dari mereka akhirnya penyuluhan dilakukan di tanggal 27 dan 28 Februari 2017, undangan melalui sms dengan mengkonfirmasi apakah bisa hadir atau tidak, sms dikrimkan 2 hari menjelang penyuluhan beruntung saya tidak ada aktifitas keluar kota.

SMS undangan Penyuluhan

Saya hadir lebih awal jam 7 pagi, karena saya berfikir bakal ontime  dan ternyata acara di mulai jam 10 dengan alasan yang datang masih sedikit, acara di buka oleh pimpinan bagian pelatihan dengan sedikit ceramah yang salah satunya menyebut datang ontine dll , dalam hati sial saya yang datang dari pagi kenapa malah mesti mendengar ceramah, mestinya ya di mulai saja karena jadwal dah tercantum  show must go on acara di bawakan oleh salah satu orang BPOM masih muda secara keseluruhan penyampaian lumayan, waluapun terkadang penyampaian masih tendensius menurut saya karena masih muda jadi belum banyak jam  terbang sepertinya.

Hari kedua saya datang lebih siang dan bener acara kembali di mulai jam 10 an menungu dan menungu lagi wow. Bersyukur yang menjadi pembicara ok pake bingits beliaunya wise , penyampaikan juga bagus banyak wawasan yang di dapat , sebagai orang yang pernah kuliah komunikasi saya berani nilai wokay  untuk pembicara satu ini , menunjukkan jam terbang dan pengetahuan yang sudah mumpuni dibidangnya.

Acara selesai dan di janjikan 2 minggu jam kerja akan mendapatkan sertifikat sebagai pelengkap persyaratan tapi  sampai saat ini tanggal 04 April 2017 saya masih belum mendapatkan informasi. Back menunggu lagi entah ada kemacetan dimana. Saya coba hubungi tidak ada balasan informasi.

Sambil menunggu saya melakukan tes lab ke bagian lakesda daerah jakarta timur sementara saya  hanya mengajukan 2 varian rasa best seller terlebih dahulu, dengan maksud  meminimize cost, untuk rasa yang lain  menyusul setelah sukses mendapatkan P-IRT. Untuk Test lab 2 varian rasa  mengeluarkan cost Rp 3.050.000,-  dan di janjikan 15 hari kerja untuk mendapatkan hasil tes labnya.

Sambil menunggu persyaratan di atas saya juga meredesign ulang kemasan menyesuaikan dengan aturan  yang di tetapkan, berikut hal hal yang wajib di sematkan di label kemasan.

  1. Nama produk sesuai dengan keadaan sebenarnya
  2. Komposisi
  3. Berat bersih atau isi bersih
  4. Nama dan alamat yang memproduksi
  5. Nmor P-IRT
  6. Keterangan tentang kedaluwarsa
  7. Tanggal dan atau kode produksi

Sambil munuggu proses saya tambakan informasi yang saya dapatkan juga siapa tau ada kawan dan sahabat yang mau mengurus ijin juga hal-hal tambahan yang mesti disiapkan di rumah yang nantinya akan di cek pihak suku dinas:

  1. Harus ada tempat cuci tangan  atau wastafel di lengkapi lap dan sabun cuci tangan
  2. Peralatan pengolahan makan dan minuman panas tidak diperkenankan dari plastik pergunakan stainless termasuk panci, wajan, bak , sendok , irus dllnya.
  3. Jarak dari kamar mandi ke tempat pengolahan minimal 3 Meter.
  4. Harus menggunakan masker wajah dan kepala plus celemek untuk menghindari rambut, keringat dll.
  5. Pembuangan sampah harus tertutup jadi tempat sampah siapkan yang tertutup.
  6. Masukan dari team penyuluh mereka mengingatkan biasanya kelemahan usaha rumah tangga adalah dalam sistem adminstrasi, jadi siapkan pencatatan yang bagus semisal di exel dan di rekap dengan baik, kapan makanan dan minuman di buat bahannya apa aza di beli dimana tanggal berapa, tujuanya adalah saat misal ada komplain makanan basi dan mengakibatkan sesuatu yang kurang baik bisa di trace ke belakang dan di ketemukan sumber permasalahanya ha tersebut untuk menjaga keamanan konsumen.

Sementara itu yang saya dapatkan dan tulisan ini akan terus saya update sambil menunggu proses selanjutnya, semoga dimudahkan amin.

18 April 2017

Hasil Lab di lakesda keluar dah hasilnya ada hal yang belum lolos, setelah ditelusuri dikarenakan saat saya mengolah minuman menggunakan bak plastik begitu pula gayung untuk menuangkan rebusan teh juga plastik. Hal tersebut tidak dianjurkan dikarenakan warna yang terkandung dalam plastik bisa luntur dan mempengaruhi minuman.

Rencana selanjutkan akan di lakukan tes ulang untuk hal yang tidak lolos dengan merubah semua alat yang diperlukan mohon doanya ya gusy.

Oww iya untuk sertifikan yang dijanjikan 2 minggu oleh pihak dinkes sampai saat ini saya belum mendapatkan informasinya.

31 May 2017

Saya dan team akhirnya melanjutkan tes ulang dan perkiraan di minggu ini hasil akan keluar semoga saja lolos baru setelah itu proses pengajuan selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s