Mengembangkan jaringan usaha melalui reseller

Apa kabar sahabat semua dimanapun berada semoga kita selalu bersemangat untuk menjemput rizki dari jalan yang benar tidak bermain bunga – berbunga tidak berbohong dan hal – hal negatif lainnya. Sering kali saya membaca pengalaman – pengalaman orang  besar semisal  pendiri astra bekerja siang malam penuh dedikasi dan keuletan  menjaga kredibilitas, kualitas, kejujuran dan kedisiplinan, hasilnya bisa kita lihat  jaringan astra di seluruh penjuru tanah air, dengan banyak jaringan pundi – pundi uang mengalir tanpa henti.

Semua itu memerlukan perjuangan dan mental baja, apalagi dengan godaan – godaan berbisnis yang banyak celah negatif. Sedikit cerita tentang pengalaman saya beberapa kali mengikuti bazaar menjual segertea. Saya ini masih newbie tentu keinginan kuat untuk mencari kawan sahabat tanpa mempertimbangkan latar belakang apapun. Ternyata di dunia bazaar ini juga banyak pelajaran yang saya dapat, ada beberapa orang yang saling menyimpan rahasia info bazaar misalkan, dengan harapan orang lain gak dapat info dan dia bisa jualan supaya danganganya laku keras, ada orang yang jujur apa adanya kalau ada info di berikan ke teman yang kenal, ada juga yang saling menjatuhkan bahwa barangnya kurang bagus, ada yang menjaga kulaitas barang jualanya sebaik mungkin ada juga yang ala kadarnya yang penting jualan , ada yang mencontek produk orang lain saat orang tidak berjualan di tempat bazaar yang sama dia bisa menjual produk yang sama jadi terkadang pembeli kecele barang sama tapi rasa dan kulaitas berbeda bukan berarti mencontek itu di larang tapi justru kreatif tentunya dengan etika juga donk.. betul apa betul guys?.

Ada juga yang bermain momentum semisal sekarang lagi booming hotang maka akan membuat hotang, secara kalkulasi bisnis momentum ini juga bagus tetapi untuk long term sepertinya akan berat, di sini kita bisa memilih mau fokus di satu produk atau bermain momentum. Saya lebih memilih fokus di satu produk yaitu segertea, dengan tujuan untuk long term dan juga mengatur tenaga supaya tidak ngos – ngosan.

Pilihan ini juga berimbas bahwa produk saya harus unggul, harus mempunyai pembeda dengan produk lain yang sejenis, pertama saya berusaha komit untuk menjaga kualitas dan berusaha mendapatkan feedback baik positif ataupun negatif . Selanjutnya saya berusaha nyemplung ke ranah media sosial, saya berusaha komit untuk selalu update foto instagram minimal sekali dalam sehari dan maksimal 3 kali dalam sehari. Menulis blog baik di segertea website ataupun di blog saya yang ini. Menambah tempat penitipan di beberapa perkantoran , kampus, kantin dll jadi setiap hari mencari peluang dan peluang. Jangka panjang progres mengurus ijin bpom dan mui. Dan yang urgent adalah memberdayakan orang lain untuk menjadi tenaga penjual yaitu reseller.

Dulu saat saya ingin menjadi reseller dari produk lain  konsep yang di tawarkan adalah dengan membayar biaya kemitraan selanjutnya saya mendapatkan beberapa alat yang di perlukan semisal kompor , meja , spanduk , produk pertama dll tentunya sesuai produk apa yang saya daftar. Nah saya berfikir tidak semua orang mampu untuk membayar biaya kemitraan ini bagaimana kalau produk saya saya gratiskan untuk biaya kemitraan, ambil barang bayar tanpa perlu jadi mitra. Nah konsep ini yang sekarang saya laksanakan dan terus saya pelajari untuk saya buat sistem yang lebih bagus dengan SOP yang baik.

Bersyukur konsep ini juga berjalan dengan baik bahkan saya juga membuat konsep free kemitraan ambil barang boleh gratis dulu laku baru di bayar dengan syarat kondisi barang masih bagus dan tidak basi tentu dengan syarat orang yang kredibilitasnya sudah saya pegang berdasarkan track record yang ada. Makanya sahabat dan teman – teman yang mau berusaha tapi gak punya uang bisa loh berjualan produk segertea, yang kami perlukan niat , ulet , jujur mau belajar dan benar supaya kita bisa saling maju bareng – bareng. Buat apa kita suskses sendiri buat apa kita kaya sendiri bukankah kebersamaan itu membahagiakan guys, kalau kata pemimpin GE indonesia Handry Satriago “pemimpin yang hebat itu adalah yang bisa menghasilkan pemimpin – pemimpin baru”.

Kita boleh cerdas kaya pintar apapun itu tapi itu semua akan lebih baik kalau ditularkan ke orang lain, orang lain menularkan ke orang lain lagi maka akan bisa membentuk masyarakat yang hebat dan nantinya akan menjadi negara yang maju.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s