Hati tersentuh

20151114_094246Pagi ini seperti biasa saya mengantar CDK (callista dara kamaratih) ke sekolah TK Yasporbi kemanggisan. Saya menyapa pak security yang selalu ramah menunggu anak – anak datang. Saya lihat poster di pasang di pagar sekolah, enrollment untuk penerimaan student baru.

Saya tersadar dan tersentuh hati saya, ternyata CDK sebentar lagi sudah lulus. Teringat bagaimana dulu di awal saya dan bunda CDK mencari – cari sekolah di sekitaran jakarta barat yang menurut kami bagus dan rekomendasi. Kami memilih sekolah TK Yasporbi setelah mendapatkan rekomendasi dari teman saya salah seorang sesepuh , dosen di trisakti dan Binus, kami mengecek kesekolah selanjutnya mengikutkan CDK untuk class trial, saat itu CDK masih malu – malu walupun tidak menangis.

Kami hanya modal nekad memutuskan untuk masuk yasporbi, uang yang kami punya tidak cukup untuk membayar uang masuk. Uang masuknya sebesar Rp. 8.000.000,-  uang sebesar itu kami tidak memilikinya. Dengan keyakinan pertolongan Allah itu dekat, saya nekad saja memasukkan CDK di sana. apalagi setelah  saya melihat pola pembelajaranya yang mengedepankan pembentukan karakter anak, bagaimana teachernya mengajarkan dengan menggunakan hati.

Berikut kenapa yasporbi saya bilang bagus?  pertama lingkungan sekolah tidak terlalu dekat jalan raya jadi aman saat anak – anak bermain di luar sekolah, memiliki lapangan bermain luas yang masih di tumbuhin rerumputan jadi anak kenal tanah, alam terbuka, rumput, tanaman dan kicau buruang yang beterbangan di alam bebas, berbeda sekali dengan lingkungan rumah yang hanya tembok bertemu tembok. Ruang kelas tidak terlihat mewah tetapi terlihat  bersih rapi dan penuh warna – warni anak kecil pasti menyukainya. Satu lagi keunggulanya adalah menggunakan dua bahasa atau bilingual. Bukan bermaksud supaya cdk bisa english dan tidak mengenal bahasa ibunya  tetapi saya ingin cdk bisa bahasa english plus indonesia dan sama – sama lancarnya untuk bekal dia di masa yang akan datang dimana salah satu tantangan terbesar dan masih menjadi momok adalah dalam penguasaaan bahasa asing.

Saat ini cdk sudah bisa berkomunikasi menggunakan dau bahasa tersebut. Dia bisa berbicara english tetapi  saat ngobrol sama bude yang jaga dia berbicara  mengunakan bahasa indonesia saat dengah ayah dan bundanya combine karena ayah bundanya kadang keder englishnya. Nah saat ketemu teman teman sekolahnya overall english.

Bahkan saya bermimpi CDK juga bisa berbicara jawa kromo inggil, kenapa saya bermimpi seperti itu karena saya melihat foreing people alias orang luar negeri mereka sangat tertarik dengan culture orang jawa bahkan mereka terjun langsung belajar nyinden, wayang , gamelan, bahasa jawa sedangkan  saya sendiri yang orang jawa tulen tidak bisa dan gak punya kemampuan  di hal – hal tersebut kalaupun bisa hanya ala kadarnya padahal saya kecil di kampung dan dididik menggunakan bahasa jawa.

Sampai saya kenal seseorang yang mengajarkan tari bisa keliling dunia hanya bermodalkan jago menari dan mengajarkan tari wayang orang . Ok selain kemampuan bahasa satu lagi kemampuan yang dimilika CDK dan terasah saat disekolah yasporbi. Yaitu kemampuan melukis dan menggambar. Selain memang cdk memiliki keinginan lebih di bidang ini di sekolah juga disediakan guru khusus melukis.

Untuk perkembangan lainya pembelajaranya juga cukup bagus cdk bisa membaca , menulis , matematika lancar,  walupun saya tidak mensyaratkan ini harus karena saya berkeyakinan anak tk itu bukan saatnya belajar untuk menulis dan membaca tapi lebih banyak untuk bersosialisasi dan bermain. Kalaupun sudah mampu itu adalah bonus dan syaratnya adalah anaknya mau kalau gak mau bagi saya tidak boleh dipaksakan.

Untuk agama di yasporbi diajarkan sesuai kepercayaanya karena cdk muslim jadi diazarkan iqro, berwudhu, doa – doa pendek, shalat jamaah, shalat dhuha dll. Hal yang paling paling saya senangi adalah metodologi pembelajaranya, anak bukan di paksa belajar tetapi anak – anak tertarik untuk belajar dan happy , anak dilibatkan dalam pembelajaran bukan one – way communication dan hanya penerima  apa yang disampaikan guru, dan ini yang saya cari harga mahal tertebus sudah,  walaupun kalang kabut tetapi dengan niat baik Allah selalu memberikan jalan. Terimakasih ibu – ibu guru yang telah mendidik CDK sampai saat ini, next semoga mas bumi adikknya cdk juga bisa masuk sekolah di yasporbi.

Selepas Yasporbi cdk sudah di terima di salah satu sekolah terbaik di sekitaran sini. Awalnya saya hanya mencoba saja mengikutkan tes masuk karena kembali dengan alasan saya hanya bermodalkan nawaitu saja, uang tidak cukup untuk membayar uang masuknya sebesar Rp 28.000.000 total bahkan tembus Rp 30.000.000 lebih . Saya nekat saja beli formulir untuk mengetes CDK apakah bisa dia masuk di sana,  kalau ternyata diterima itu urusan nanti saya ada plan b.

CDK  akhirnya ikut ujian masuk setelah membeli formulir seharga Rp 250.000. Luarbiasanya cdk masuk urutan ke-3 padahal anaknya itu gak menampakkan kemampuanya. Setelah diterima timbul lagi masalah kemana saya mesti mencari uang sebesar itu, saya jadi galaw tingkat dewa diskusi sama bunda cdk,  malah menyarankan move ke yang sekolah biasa non bilingual. Saya masih berharap memberikan yang terbaik untuk CDK,  saya menginginkan dia gak perlu yang namanya les english lagi, saya ingin habis – habisan menyekolahkan sampai level sma saja! selanjutnya dia harus mengejar beasiswa untuk level university, makanya modal yang saya berikan adalah english yang mumpuni dengan masuk sekolah yang qualified dan berstandart internasional.

Setelah terjadi diskusi sangat panjang akhirnya bunda CDK semangat dan mengikuti apa yang saya inginkan. Langkah selanjutnya mencari solusi gimana caraya. Dengan bergai cara akhirnya ketemu juga solusi, tidak terasa sebentar lagi CDK lulus dari TK menuju sekolah SD Bhakti Ykkp Bilingual.

Wisudah cdk

Saya selalu yakin pertolongan Allah dekat jadi apapun itu kalau nawaitu baik saya akan jalankan sesusah dan sesulit apapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s