Mencari uang dengan mempergunakan sistem franchise

coming soon thai teaSedari dulu saya membaca dan menelaah banyak hal tentang entrepreneurship, banyak sudah yang saya impi-impikan sekarang  saatnya saya take action dengan eksekusi  seperti yang saya ceritakan di  tulisan sebelumnya. Kesempatan kali ini saya ingin cerita pengalaman saya menjadi mitra franchise .

Pertama di warung wondes yang saya kelola saat ini saya menggunakan franchise cilok bakar keju CLBK, awal mulanya saya tidak kenal ini cilok CLBK apa, saat saya ingin memulai usaha saya mendengar cerita mengenai cilok CLBK hasil jualannya  juga cukup menjanjikan selanjutnya saya langsung tancap gas mencari dimana markasnya cilok CLBK, saya samperin bersama anak dan istri di bilangan jagakarsa depok, setelah menyambangi saya putuskan mengambil dengan modal awal Rp 1.500.000,- alat – alat saya beli sendiri untuk mengurangi cost dan saya mendapatkan 200 atau 250 pcs cilok bakar dan bumbu di awal. Saat ini penjualan cilok bakar naik turun dan masih perlu perjuangan tetapi tetap saja masih ada yang beli kalau sepi diwarung wondes di kantor istri ada yang pesan, bahkan ada yang membeli langsung borongan seratus biji bahan mentahnya saja. Walaupun dari penjualan masih kurang memuaskan tetapi cilok CLBK masih terus berjalan sampai saat ini.

Di samping warung saya ada yang berjualan tahu, saya perhatikan penjualan lumayan sudah mempunyai pelanggan  ternyata si empunya tahu kewalahan jadi tempat dan tahunya mau dilego, saya terfikir untuk mengakuisisi waluapun dengen modal nekad dan pinjam sana – sini akhrinya saya berhasil mengakuisisi tahu wow pedas franchise kedua, Membayar franchisenya sebesar Rp 6.500.000 ditambah pengganti tempat sebesar Rp 4.300.00 . Sampai saat ini penjualan rata – rata sehari adalah 200 biji perbiji Rp 1.000 tahu, tambahan 50 biji risol harga perbiji risol Rp 1.500 , tempe dikisaran 20 tempe dengan harga jual Rp 1.000,-.  Jadi diperkirakan sehari mendapat pemasukan  kurang lebih Rp 295.000 kotor. Pembayaran tahu Rp 35.000 per seratus biji dan isian tahu sebesar Rp 35.000  jadi total Rp 105.000 penjaga Rp 15.000 per seratus ribu jadi pembayaran pekerja Rp 40.000 Pembayaran risol Rp 50.000,- Modal minyak Rp 20.000 tepung dan bumbu Rp 15.000 Total hasil bersih perhari Rp 295.000 – Rp 230.000 = Rp 65.000 , kalau mau bersih banget  mendapatkan Rp 40.000 * 30 dalam sebulan mendapatkan  Rp 1.200.000,-

Somay bang mandor menjadi Franchise ketiga yang saya ambil ceritanya adalah saat reuni teman – teman sma di minggu awal oktober saya berjumpa dengan temen yang sukses mengembangkan somay, temen saya ini sudah menjadi manager di hotel aryaduta semanggi tetapi memutuskan resign setelah bisnis somaynya berkembang awal mulanya dia mendatangi dan mencoba somay dimana – mana untuk menemukan taste yang cucok setelah menemukan, si bang mandor mengajak untuk bekerja sama, singkat cerita saya memutuskan untuk bergabung menjadi mitranya, Berhubung modal saya sedang minimalis karena kenekatan sewa tempat dan akuisisi tahu diatas saya negoisasi dan mendapatkan harga kawan Rp 1.000.000 mendapat somay 200 pcs dan bumbunya. Start 26 Oktober penjualan perdana somay bang mandor di warung wondes. Penjualan per pcs sebesar Rp 2.500 Harga modal Rp 2.000  Jadi kalau laku terjual seratus pcs Mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50.000,- Saya bisa mengambil untung dengan menjual kentang, tahu , pare dan telor Secara detail belum saya perhitungkan,  Secara kasar dari 4 jenis di atas mendapatkan untung Rp 2000

Sebulan dari sekarang akan saya evaluasi manakah franchise yang terus bertahan dan menjadi sumber keuangan yang bisa menggantikan hasil dari gaji. Dan suatu saat kelak saya akan real menjadi enterpreneur adapun bekerja saya hanya bermimpi untuk share ilmu ke teman – teman entah menjadi dosen ataupun di kesempatan seminar ataupun di tempat yang lain.

2 thoughts on “Mencari uang dengan mempergunakan sistem franchise

  1. Pingback: Segertea The Real Thailand Tea | Cahpct (cah pacitan)

  2. Pingback: Afex Indonesia session 2 | Desurya IT Solution

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s