Pelatihan guru – guru pegunungan arfak papua

Jpeg

Saya mendapatkan kesempatan baik untuk berbagi pengalaman dan sedikit ilmu ke teman – teman guru pegunungan arfak papua. Bertempat di hotel ayuda group puncak. Saya berangkat dari rumah hari minggu 24 mei 2015, berkumpul di gedung sure gading serpong bersama – sama dengan teman- teman trainer lain Ibu Fatmah fatonah dosen stkip surya, mas domi tutor stkip surya, mas dimas dan ahmad korlap saat di puncak . Kami berangkat jam 9.30 dan sampai jam 11.30. Sampai puncak kami menghabiskan waktu untuk saling ngobrol dan menikmati makan siang dan makan malam yang disediakan pihak hotel. Sorenya saya ikut bermain bola dengan para peserta, saya sangat  kerepotan saat bermain dikarenakan sudah lama tidak menendang bola sedangkan teman – teman papua ini terlihat sangat jago menggiring bola, tetapi saya happy bisa bermain bersama mereka dan bisa tertawa – tawa .

Selesai saya bermain bola diteruskan dengan ritual lanjutan mandi shalat dan makan malam, saat mau makan malam terjadi protes oleh beberapa teman – teman papua, mereka protes minta laptop di bagikan, ibu fatmah bernegoisasi untuk tidak memberikan dikarenakan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, saya hanya diam mendengarkan dikarenakan saya belum mengerti medannya sedangkan informasi yang saya dengar, teman-teman papua ini temperamen sendangkan mereka berargumen sudah di janjikan akan dibagikan oleh panitia sebelumnya.

Bisa jadi ini adalah hal yang betul sebernarnya dikarenakan mereka menagih apa yang telah dijanjikan. Setelah negoisasi sebentar mereka undur diri dan kita makan. Selesai makan saya menghubungi pihak pimpinan pelatihan dan menceritakan hal yang terjadi dan minta solusi dan diperintahkan untuk tetap tidak membagikan. Sebagai solusi saya setelah makan mencoba pendekatan dan terjun kemereka dengan melihat secara dekat mereka sedang mengadakan tari – tarian  bersyukur hal ini bisa meredam gejolak. Walaupun efeknya saya tidur sampai malam sekitar jam 12 malam.

Senin pagi jam 8 pelatihan di mulai saya mencoba memberikan pelatihan dengan sangat  santai  dan mencoba membangkitkan keinginin tahuan mereka. Jujur saya merasa sedih bagimana tidak?  level guru tetapi memegang mouse saja sebagian dari mereka masih kesulitan di tambah kendala bahasa komputer yang menggunakan bahasa english. Tetapi ternyata trik saya dengan pendekatan sangat efektif sampai saya kewalahan saat jam makan siang pun jadi molor jam 12.30 dikarenakan saking antusiasnya mereka. Begitu pula saat setelah makan siang saya kira mereka sudah lowbat tetapi ternyata masih semangat jadwal jam 16.00, sudah selesai saat saya sampaikan mereka masih ingin lanjut sampai jam 17 baru bubar. Nah malamnya saya baru deh terasa lelah dan tepar. Saya tidur terlelap jam 9 malam dan terbangun di pagi ini sambil mecoba menulis tulisan ini. Karena saya terasa lapar jam 5 pagi ini saya telpon pihak hotel sesuai nomor yang tertera di meja dan ternyata tidak ada jawaban hadew jadi deh menahan lapar sambil menulis cerita ini.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Fred, Penggemar Fred dan Me

Setelah sempat tertunda saya akan coba lanjutkan cerita di hari ini senin 13 juli 2015. Setelah hari pertama hari kedua dan seterusnya pelatihan berjalan baik di hari terakhir saya sudah mulai kehabisan bahan ajar karena materi sudah tuntas akhirnya saya buat acara bebas untuk bertanya apapun dan tidak harus sesuai materi.

Pagi hari sebelum share di hari terakhir kami para pengajar menyempatkan jalan -jalan pagi menikmati udara pagi dan memanjakan mata untuk memandang keindahan puncak, kami beramai – ramai berjalan kaki menelusuri jalan menanjak dan menyaksikan keindahan alam di pagi hari dan kesejukan udara yang bisa memanjakan paru – paru kami. Sayang gambar tidak bisa tampilkan di sini dikarenakan hp saya rusak dan tidak bisa dibetulkan sedangkan dokumentasi belum sempat saya pindahkan semua ke laptop.

Sorenya kami kembali kejakarta mampir sebentar ke cimory untuk membeli oleh – oleh dan sampai kembali ke basecamp kurang lebih jam 11 malam.

2 thoughts on “Pelatihan guru – guru pegunungan arfak papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s