Makanan untuk otak anda

re_buku_picture_84854Minggu ini saya berkesempatan menggunyah buku yang saya beli di loakan giant gading serpong. Buku berjudul “mengoptimakan daya kerja otak dengan berfikir holistik dan kreatif” karangan Iwan Sugiarto. Walaupun dengan harga murah, bukan berarti isi dari buku tersebut murahan justru banyak hal baru yang menambah nutrisi berfikir saya. Saya tertarik pada bab makanan untuk otak anda.

Ternyata otak memerlukan makanan yang mesti menjadi perhatian kita, bayangkan kalau otak tidak bekerja dengan baik dan makanan otak kita kurang pasti hal – hal negatif bakal terjadi. Ok langsung saja saya tuliskan makanan otak itu apa saja menurut buku di atas:

  1. Oksigen atau udara adalah kebutuhan utama otak. Cara bernafas yang benar adalah suatu keharusan untuk menjaga agar otak dalam kondisi yang optimal. Semisal kita kehilangan pasokan oksigen dalam waktu tertentu akibat tercekik maka jaringan sel otak akan rusak yang bisa mengakibatkan kematian.
  2. Suplai makanan bergizi agar otak senantiasa dalam kondisi optimal suplai makanan bergizi ke otak harus selalu di perhatikan.  Protein, karbohidrat, lemak, sayur-sayuran, vitamin b kompleks, air, jangan lupa sarapan, hindari makanan berkadar gula tinggi (permen,dsb) rokok , alkohol. Dan jadilah gila (kata lain happy selalu), olahraga teratur dan jangan stress.
  3. Musik dengan tempo 60-70 beats untuk menenangkan otak yang bisa menyeimbangkan kembali kerja otak. Musik klasik, gending jawa dll.

Kalau otak sudah dapet asupan makanannya maka tentunya kreatifitas, kecerdasan akan maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s