Libur dan cuti tanpa batas bukan hal yang mustahil

holidaySaat perusahaan – perusahaan di negara kita menerapkan abseni ketat dan panduan karyawan yang mengatur jumlah cuti 12 hari setahun ke buku pedoman karyawannya. Justru di belahan dunia lain ada tren baru  beberapa perusahaan justru berbuat sebaliknya membuat aturan libur dan cuti tanpa batas alias semaunya.

Kebayang gak  cuti tahunan 12 hari  itu, kita kerja mesti ontime pulang harus lebih telat. Jaman sudah berubah bung! pekerjaan tidak lagi dilihat dari aturan – aturan yang kaku, tetapi justru kita harus bebas berfikir dan berkreasi dalam koridor yang positif tentu hasilnya akan istimewa, bahagia jiwa dan raga.

Istri saya pernah  sangat susah mengambil cuti,  bahkan sempat istri saya berdebat dengan saya, dan saya suruh resign gara – gara kami sudah membooking tiket pesawat di hari lebaran pas mengambil cuti tidak di ijinkan pimpinannya dengan alasan yang dipersulit,  justru pola kepemimpinan seperti ini yang membuat karyawan tertekan yang mengakibatkan pekerjaan di lakukan dengan setengah hati dan membuat dongkol tujuh turunan. Apakah anda sebagai pemilik usaha ingin memeliki suasana kerja untuk staff anda seperti itu? tentu tidak kan bos!

Kembali ke cuti yang tidak ada batasnya, dilakukan oleh perusahaan virgin group terinspirai netflix sebuah perusahaan yang sudah mendahului menerapkan.  Pimpinan virgin group mengatakan “Perlakukan manusia sebagaimana harusnya, berikan mereka waktu kerja yang fleksibel. Saya rasa mereka tak akan berbuat seenaknya dan tetap bekerja sebagaimana mestinya,” quote.

Bahagia tentunya saat kita bebas memiliki hari libur dan cuti, tetapi juga bisa melakukan pekerjaan kantor, kita bisa memberikan hal terbaik dan terhebat, perusahaan tidak mesti mengontrol proses bagaimana pekerjaannya tetapi perusahaan meliat hasil akhir dari perusahaannya.

Minimal saya akan mencoba eksperimen untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman bersahabat, di selingi bermain , memunculkan ide – ide gila yang dilanjutkan dengan langkah nyata.

Salam saparatoz!!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s