IHSG lagi turun waktunya investasi REKSADANA

gapAjakan ini saya berikan bukan untuk orang lain tapi untuk diri sendiri. Sejak lama saya mempunyai niat untuk investasi . Tapi bukan hal mudah menentukan pilihan investasi, bagi saya yang ilmu bisnisnya nol besar, untuk menentukan pilihan di bidang apa dan bagaimana caranya berinvestasi.

Saat mencari informasi tentang investasi via internet atau diskusi dengan kawan atau orang lain  biasanya larinya ke  ke Multi Level Marketing (MLM), tapi sampai detik ini saya tidak tertarik ikut di dalamnya (bukan berarti multilevel marketing itu jelek hanya saja saya tidak sefaham dengan konsepnya. Menurut saya ” anggota MLM yang baru masuk menjadi sapi perah oleh anggota yang posisinya di atasnya,  orang yang baru masuk dengan pengalaman yang masih awam mestinya diberikan kesempatan, arahan, modal, kesempatan, contoh dan bimbingan oleh senior yang sudah berhasil bukan justru di jadikan ujung tombak dalam mencari client baru, saat mereka sudah berhasil dengan arahan senior yang di atas baru sistem share keuntungan dilakukan, entahlah konsep ekonomi macam apa ini? tetapi ini yang ada dalam fikiran dan saya pegang sampai saat ini).

Singkat cerita ketemulah saya dengan buku bacaan mengenai investasi direksadana pada saat saya mencari di buku – buku murah dan discount entah dimana tepatnya waktu itu. Judul bukunya “menjadi kaya melalui reksadana”  saya coba baca dan fahami dengan rada malas-malasan, sampai satu kesimpulan menurut analisa batin, saya cukup setuju dengan konsep bisnisnya. Penjelasan awamnya adalah kita menyetor uang ke pengelola keuangan yang di mainkan oleh seseorang yang diberi nama manager investasi untuk memutar uang kita di  :properti, perdagangan , pasar uang, tambang dll, dan selanjutnya keuntungan di share dari uang yang sudah diinvestasikan tersebut kesetiap investor yang menamanamkan modalnya.alokasi market

 Contoh penempatan uang di Reksadana oleh Manager Investasi

Investasi ini di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan jadi resmi dari pemerintah bukan bisnis bodong yang menawarkan keuntungan cepat tapi ujung-ujungnya tipu-menipu.

Setiap  investasi pasti ada resikonya, seperti saat ini karena pemilu yang tidak sesuai ekpektasi pasar, berakibat harga IHSG (indeks saham gabungan) per unit (istilah reksadana)  tanggal 10 april 2014turun,  bagi yang ingin menjual sahamnya pasti rugi karena harga turun apalagi  saat membeli lebih mahal, tetapi saya justru berbeda pola fikirnya “IHSG lagi turun waktunya investasi REKSADANA”.

Kenapa pola fikir saya terbalik ? karena dengan harga turun kita bisa beli lebih banyak unit dan saat harga tinggi saya tinggal menjualnya kembali (kalau saya ingin keuntungan cepat), dari hasil analisa para pakar reksadana  adalah investasi yang menguntungkan dikarenakan selalu berada di atas inflasi coba bandingkan kalau kita menabung di bank apakah uang kita bisa mengikuti inflasi? jawabannya tidak.

grafik reksadana

 

Grafik ini mulai bulan mei 2013 sampai 10 April 2014 kecenderungan terus naik

Untuk tambahan bacaan silahkan di buka alamat web berikut :

  1. Info vesta infovesta
  2. Investasi reksadana
  3. Reksa Dana, Investasi yang Menguntungkan

One thought on “IHSG lagi turun waktunya investasi REKSADANA

  1. Pingback: Reksadana panin dana maksima | Cahpct (cah pacitan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s