Belajar dari orang yang tidak lulus sekolah

Tak disangka-sangka  banyak orang sukses di dunia ini yang latar belakang pendidikanya tidak lulus sekolah, ada yang tidak lulus SD, ada yang tidak lulus SMP ada juga yang tidak lulus kuliah alias DO.

Mark Elliot Zuckerberg pemuda 24 tahun asal AS drop out dari harvard tetapi sukses membuat facebook, Purdi E Chandra drop out dari kampusnya di UGM mendirikan Primagama bimbingan belajar yang memiliki cabang terbanyak diindonesia, Bob Sadino Drop out dari UI dan saat ini menjadi pengusaha, salah satunya pemilik kem chicks (pasar swalayan) di kemang. Bill Gates drop out dari Hardvard univesity dan mendirikan perusahaan Microsoft . George washington tidak lulus SMP jadi presiden Amerika serikat. Andrie Wongso tidak lulus SD menjadi motivator no.1 di indonesia dan pengusaha.

Saya merenung kenapa mereka – mereka yang tidak lulus sekolah tetapi justru sukses dibidang masing – masing? Kenapa mereka yang berderet gelar tetapi ujung – ujungnya malah menjadi karyawan ataupun pekerja, bahkan tak jarang yang menjadi pecundang. Buruknya lagi sampai ada yang jadi penggangguran, padahal mereka sudah banyak mengeluarkan uang buat biaya pendidikan yang tidak murah.

Apa yang menyebabkan para drop outer ini sukses. Apakah faktor lucky, faktor nasib ataukah faktor usaha kerja keras habis – habisan.

Berikut sedikit analisa saya:
Mark Elliot Zukerberg bisa sukses karena dia mencitai dunia komputer sejak dini dan sering – sering ngoprek program. Purdi E chandra bosan dengan kuliah yang
dianggap membosankan iya yakin gagal menjadi sarjana bukan berarti gagal meraih cita – cita. Bob sadino tidak mau jadi karyawan yang diperintah oleh atasan semenjak
kembali dari belanda dan memulai bisnis di indonesia. Bill gates pintar dan suka ngoprek program sampai – sampai memutuskan do dari harvard demi membangun micrososft.
George washington mantan wajib militer yang menjadi presiden USA. Andrie wongso anak orang miskin yang tidak lulus SD dan berkemauan keras untuk merubah kondisi
kehidupannya dengan latar belakang yang susah dan sulit membuat daya juang dan semangat yang LUAR BIASA untuk mencapai sukses.

Kesimpulannya dari beberapa orang yang tidak lulus diatas, ternyata mereka memperjuangkan apa yang dimpi – impikan dan fokus pada bidang di sukainya. Fokus dalam satu bidang yang benar – benar di sukai dan di cintainya dan dijadikannya hoby. Tidak perduli akan uang ataupun apa saat di awal melakukan usahanya. Tetapi karena faktor hoby yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang dahsyat maka uangpun justru datang dengan sendirinya.

Pelajaran bagi saya ” saya mesti malu yang lulus kuliah tetapi sampai saat ini masih menjadi karyawan dengan gaji pas – pasan” saya harus sukses menjadi pengusaha seperti mereka. Saya mesti fokus dalam bidang komputer server LINUX yang menjadi satu – satunya bidang yang saya kuasai saat ini!

2 thoughts on “Belajar dari orang yang tidak lulus sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s