Pengusaha antara value dan kekayaan

Dari hasil blog walking saya menemukan  tulisan yang ngebahas antara value dan kekayaan, dari membaca tulisan tersebut saya mendapatkan pencerahan bahwa tujuan utama seorang pengusaha itu tidak hanya kekayaan. Tetapi justru adanya value (nilai tambah) dari usaha yang di jalankan. Karena dengan adanya value maka kekayaaan akan di dapat.

Seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya pasti berharap laba  atau uang. Uang saja tidak cukup tetapi yang di perlukan lagi adalah value atau nilai tambah dari bisnis yang dijalankan. Sebagai mantan technical support saya biasa membantu membelikan komputer atau laptop untuk client – client saya. Saat saya membelikan komputer tersebut saya bisa menjelaskan bagaimana care menggunakan  komputer atau laptop tersebut sampai bisa mengajarkan bagaimana membuat blog dengan mengggunakan teknik SEO (Search engine optimization) nah hal yang saya lakukan itu bisa di sebut value ( Nilai tambah), contoh lain saya sering memperhatikan pemulung yang mengumpulkan sampah dan dari sampah – sampah bekas itu ternyata bisa  dijadikan bahan daur ulang yang mempunyai nilai jual lebih baik, tentu masih banyak hal lain yang bisa kita ambil menjadi contoh sampai tak terhitung jumlahnya yang ada di sekitar kehidupan kita masing – masing. Kita hanya perlu faham dan melakukan tindakan membuat value – value yang baru, tidak sekedar kata dan ucapan. Kalau teman saya bilang gak usah banyak bacincong tapi aksi nyata.

Value itu unlimited loh… atau bisa di bilang tanpa batas atau kalau pinjam istilahnya om saparatoz batasnya adalah langit, hayoo siapa yang bisa ngukur tingginya langit?

Dalam menciptakan value itu tidak mudah loh, hal ini menjadi  salah satu kelemahan saya, bahkan sebelum saya menulis ini  saya belum pernah berfikir bagaimana menciptakan value, mulai detik ini saya akan membuat value dari bisnis yang saya lakukan, tunggu saja ya hasilnya. Saya yakin ini semua butuh proses, kesabaran, modal , tim manajemen dan lainnya. Kalau babe AW (Andrie Wongso) bilang dalam hidup ini tidak ada yang instan, butuh perjuangan butuh proses habis – habisan (saya suka kata – kata ini unik gokil tapi menyemangati). Dalam mencapi kesuksesan tidak ada yang instant, wong makan mie instant saja mesti di masak terlebih dahulu. Betul apa betul?

Semoga dengan terciptanya valeu – value baru, akan tercipta peluang usaha , bisnis , peluang kerja buat sesama. Bagi yang mampu merubah sampah jadi pupuk lakukan, bagi yang mampu merubah singkong jadi kolong lakukan, bagi yang mampu merubah tepung jadi cistik lakukan, bagi yang mampu membuat blog dan bercerita lakukan, bagi yang mampu merubah wajah muram menjadi tertawa lakukan. Syukur – syukur apabila mampu menciptakan sesuatu yang sama sekali baru. Ayo warga REPUBLIK INA mari bangkit bersama membangun bangsa. Bangunlah wahai Patriot ingat pesan kita ” I AM the mountain” kokoh tak tergoyahkan.

Dari value yang tercipta, laba akan terbentuk. Efek sampingnya? Kekayaan, kesuksesan….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s