Perjalanan di BiNus

Tahun 2012 menjadi tahun terakhir saya bekerja di Universitas Bina Nusantara, setelah selama 14 tahun saya belajar dan menempa diri dan tertempa  akhirnya saya bisa lulus juga menjadi alumni BiNus dulu sering berangan – angan entah kapan saya bisa lulus padalah sering banget melihat teman – teman dan pimpinan yang cepat lulus menuju universitas kehidupan yang lain.

Pada tahun 1998 terjadi kerusuhan di jakarta pada saat itu saya bekerja di Hotel Le Meredien Jakarta, kenapa saya bekerja di hotel? karena saya dulu sekolah di perhotelan smip 1 jakarta atau sekarang menjadi smk 57. Setelah  terjadinya kerusuhan di tahun tersebut saya mendapatkan ajakan dari teman untuk bekerja ke BiNus. Eko Purnomo (saat ini sudah tinggal di belanda) mengajak saya bekerja sebagai cleaning service di kampus anggrek Universitas Bina Nusantara yang saat itu baru berdiri. supervisor saat itu  pak Asriansyah saat ini menjai building manager kampus Syahdan sedangkan manager di duduki oleh pak Suyanto dari beliau ini saya banyak mendapatkan pelajaran dorongan dan semangat untuk terus belajar sampai bisa membentuk diri saya saat ini.

Selama menjadi cleaning service banyak hal yang di dapat , 6 bulan menjadi cleaning service saya menikmatinya dengan enjoy dan penuh syukur walaupun berbeda 180 derajat dengan bekerja di hotel yang penuh glamour semisal makan terjamin, seragam tinggal pakai, berteman dengan teman yang cakep dan cantik, disiplin  dll  tetapi hati saya kurang sreg karena selalu berhubungan dengan minumam beralkohol. Selepas 6 bulan saya mendapat promosi sebagai leader sebagai  pelajaran kepemimpinan yang bisa saya pergunakan dalam perjalanan kehidupan selanjutnya. Sambil saya bekerja pada malam harinya saya mencoba mendaftarkan diri untuk sekolah lagi di kampus malam di bilangan blok M, dengan buget yang sangat minimalis saya tetapkan hati untuk melanjutkan pendidikan walupun cita – cita di awal saya bermimpi untuk melanjutkan studi ke Universitas Indonesia tapi kemampuan berkata lain. Tepat 10 bulan saya bekerja di area cleaning service saya akhirnya di promosikan kembali ke area Rektorat.

Promosi di area rektorat menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya  yang hanya seorang cleaning service dan bisa menjadi sekretaris Pak Bernard Gunawan bahkan  langsung bisa  berhubungan dengan Ibu Widia sebagai Rektor saat itu. Tetapi kebanggan tersebut tidak berlangsung lama hanya 3 bulan saya mampu bertahan karena faktor keilmuan, mental dan kemampuan saya yang sangat pas – pasan saya merasa tertekan dikarenakan load pekerjaan yang sangat tinggi bagi saya saat itu. Sampai – sampai saya ingin mengajukan pengunduran diri. Tetapi Ibu Yennah Mulia memberikan solusi  saya di pindahkan ke Cyber@ccess.

Di cyber@ccess saya belajar pertama mengenai IT , bertemulah saya dengan Pak Johan MK yang menjadi pimpinan saya. Di sini awal saya ngoprek komputer dari install, setting dan segala macam yang bersangkutan dengan komputer. Dan satu lagi saya bisa mengenal dunia Open source LINUX. Di sini juga mulai mengenal chatt saat itu masih terkenal dengan mirc  saya mempunyai kenalan – kenalan dari berbagai macam tempat. Setelah beberapa lama di cyaber@ccess saya di pindahkan kembali ke support IT yang makin memperkuat kemampuan komputer saya. Pada saat menjadi support inilah saya bisa lebih banyak mengenal orang – orang di binus dari kalangan staff dosen sampai mahasiswa karena saya sering berpindah antara 3 kampus  syahdan , anggrek dan kijang.

Saat menjadi IT support ini juga saya bisa berjumpa istri tercinta karena selain pekerjaan support saya bisa sambil mencari jodoh mungkin buat teman – teman junior support bisa di jadikan contoh ….IT support waktu itu di pimpin oleh Pak Teguh Pujianto dari beliau saya banyak belajar ilmu walupun kerjaanya gile bener bahkan sering terfikir nih orang kerja rodi ya..tapi di balik itu ada pelajaran bagus tentang disiplin dan kemampuan troubleshootnya dahsyat… sekedar input lebih mantap tapi kalau selon dikit gitu Pak .. kita kan juga manusia ..(mental katronya keluar deh…)  jaman saya di support anaknya lagi bandel – bandelnya sering pinjem motor pak Teguh untuk anter pc ke anggrek syahdan , kijang tapi kadang juga buat jalan pada saat ada objekan diluar. Selain seru kebandelan – kebandelan saya pas menjadi support adalah sering kabur ke kost tidur tetapi saya lebih sedikit cerdik kalau teman – temen kabur untuk cari objekan dan tanpa informasi pas di perlukan sampai – sampai pada komplain ke para manager, kalau saya pesan ke pihak akademis kalau ada apa – apa tolong telpon dengan memberikan no hp saya tentunya dan saya kabur ke kost tidur pas di telpon langsung meluncur back to kampus.. maklum kost kan deket dari kampus.

Setelah menjadi support sekian lama akhirnya saya di promosikan ke System Administrator , di sini saya mulai belajar banyak mengani server berbasis Linux open source. Dari yang tidak tau apa apa mengenai linux dan di haruskan untuk bisa menangani server. Thanks banget buat pak Johan Muliadi Kerta yang telah memberikan bimbingan dan dorongan sampai saya bisa sedikit faham mengenai dunia opensource.

Pada saat menjalani pekerjaan system administrator LINUX ini  sering banget saya merasa stress  saat mendapatkan masalah dikarenakan ilmu komputer saya yang sangat minimaliz, bertanya ke temanpun suka di jawab yang gak jelas dan tanpa solusi malah sialnya di jawab RTFM (read the fucking manual) beruntung saya bisa konsultasi ke Pak Johan MK yang sering memberikan pencerahan dari bagaimana setting DNS, proxy, mail, dll yang semua berbasis LINUx thanks banget pak ilmunya moga  mendapatkan balasan terindah oleh tuhan. Menjadi system administrator membuat saya banyak belajar hal selain  juga banyak suka dukanya. Inget banget pas waktu mau lebaran eh malah server saya crash terpaksa saya mesti begadang sendirian di ruang server sampai pagi kejadian berulang pas saat anak pertama saya CDK lahir saya mesti begadang di dua tempat di ruang server dan di rumah sakit menunggu anak. Tetapi saya menjalaninya dengan enjoy apalagi kalau bisa membantu client dan mereka merasa terbantu.

Di ruang data center saya bisa berteman dengan berbagai macam teman dari yang suka memperdengarkan ceramah sekencang – kencangnya sampai bikin pengeng walaupun kadang di denger juga tapi kalau sudah pusing mending kabur .. moga – moga beliau ini sadar  hauha haa h hahhahaha. kalau tak semua orang rela mendengarkan ceramah.. ada yang lebih seneng dengan contoh nyata… ada yang suka perang status ym huah hahhaaaaa.. (hayo ngaku ngaku)….ada yang suka juga ngecengin.. ada yang suka bikin tertawa… ada yang suka nyetun (main game dota).. tapi hati hati SP menanti .. menurut tanda tangan pak Ivan loh ini (memo internal mode on)  sampai ada isue yang pada pengen kabur gara gara gak boleh main game .. (moga bapak -bapak yang di atas dipertimbangkan)..ada yang suka jual susu…(sampai jadi alumni dan pngusaha susu sekarang) ada yang suka koleksi kardasian huah hahaa ati ati buat anak support.. ada yang suka mojok  hayo…..jangan dekati zina.. (bantar gebang mode on) ada yang nyebut – nyebut Pak SBY.. konotasi ke pimpinan..ada yang lagi galau .(semoga cepet kembali ya bro and sis) wah pokoknya segala macam tapi seru deh…berbagai hal yang seru dan gilaks.. ketemu  teman – teman semua.

Akhirnya saya per 1 juli 2012  memberanikan diri untuk berpetualang ke tempat lain setelah sekian banyak pengalaman lucu seru gilaks dll saya memutuskan untuk belajar ke universitas kehidupan yang lain untuk menuju cita – cita saya menjadi seorang enterprenur. Bravo salam cicarito delahoya SAPARATOZ quote dari om tony blank ..(orang gila yang menjadi terkenal karena youtube)

7 thoughts on “Perjalanan di BiNus

    1. cahpct Post author

      Terima kasih Pak Danu .. banyak hal saya belajar dari bapak selama di BiNus…next saya akan banyak bertanya

      Reply
  1. Pingback: Bertemu Andrie Wongso | Cahpct (cah pacitan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s