Wayangan

Memulai pagi ini dengan ndengerin wayang dari ki purbo asmoro, hasil donwload dari youtube. Setelah ngoprek – ngoprek iphone secondku bisa juga akhirnya nonton wayang sambil mobile.

Jaman kecil dulu saya tidak faham apa dan bagaimana wayang, yang saya faham wayang itu cuma mainan dalang dan tanpa makna. Padahal tinggal di kampung dengan bahasa jawa sehari – hari. Justru sewaktu sekolah smu di jakarta saya baru mulai faham cerita yang ada di wayang.

Walaupun tidak 100 % faham bahasa yang di ucap sang dalang tapi kecintaan dengan wayang sudah mulai tumbuh. Banyak petuah bijak dan filosofi tinggi untuk sangune urip di dunia.

Jujur dengan ndegerin wayang menjadi pendorong motivasi lagi. Apalagi melihat salah satu orang amerika kitsie emerson yang begitu faham dengan wayang sampai memainkanya. Mendorong saya untuk belajar memahami mengenai budaya yang satu ini.

Pagi ini saya ndengerin wayang dari dalang ki purbo asmoro  beliau berasal dari pacitan. Saya mengenal beliau dari youtube, dan yang saya tau beliau ini juga high educated dengan memperoleh gelar masternya dalam seni pertunjukan dari UGM, salah satu dari universitas paling bergengsi di Indonesia. Dan sudah melanglang dunia ke berbagai negara. Satu lagi contoh dari kampung sendiri yang bisa dijadikan panutan selain presiden saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s