Pasang AC TCL

Hari – hari di jakarta semakin panas, rasanya di jalan panas di rumah panas sampai – sampai dulu saya memasang exhaust fan, di awal – awal pasang dah merasa cukup membantu mengurangi panas udara tetapi akhir – akhir ini udara jakarta makin hot saja atau istilahnya mbah samson kurang bersahabat cuacanya.

Berhubung sebentar lagi saya mempunyai dedek kecil InsyaAllah, saya pengen pasang AC, dan alhamdullilah hari ini 6 April 2010 kesampaian juga deh pasang AC di kamar. Cukup bingung juga waktu beli AC dengan buget yang pas – pasan, menuju carefour permata hijau untuk survei lapangan mimpinya sih DAIKIN gitu dapet referensi dari teman yang bekerja sebagai ME di BINUS tapi pas lihat harga gak kesampaian untuk saat ini  dan pilihan jatuh ke merk lain untuk survei harga , panasonic, sharp, paling murah samsung harga 2.7. Akhirnya coba jalan ke ace hardware untuk melanjutkan survei walah ternyata mereka ndak menjual AC split. Diteruskan survei ke pasar palmerah tepatnya depan pasar palmerah sebelum BRI, di sini banyak pilihan dan harga masih bisa di nego. Tetapi berkat pengaruh sang penjual maka saya terperosok deh dengan merk yang belum begitu di kenal, dia bilang di jamin barang ok trus di contohin dia sendiri juga memasang di situ di tunjukin langung, dan saya tanya produk mana ? jepang? katanya iya , ya udah aku  iseng nego 2.6 jt dengan seakan – akan dia berat melepas tetapi akhirnya setuju.

Sampai rumah saya ngecek di internet walah ternyata itu barang cina, coba telpon mereka sudah pulang dan karena waktu juga dah malam nyerah deh, paginya di pasang dan sudah jalan ya hanya berdoa saja semoga barangnya awet kalau dari sisi garansi sih lumayan garansi ac part 1 tahun, garansi compresor 3 tahun. Dan dari sisi harga saya cek di toko online jatuhnya lebih murah kena 2.460 Jt.

Rada nyesek juga sudah merk cina harga lebih mahal pula, tetapi ya lebih baik dinikmati saja dan berharap kualitas bagus. Tetapi ada untungnya dia wattnya 320 dan berarti listrik saya tidak turun di pada saat  AC dinyalakan yang efeknya tidak perlu tambah daya yang akan  menambah buget dan juga tagihan bulanan bakalan meningkat, tetapi perlu saya evaluasi untuk beberapa hari kedepan apakah listrik masih kuat atau perlu tambah daya.

Nanti akan saya update lagi info bagaimana dengan merk TCL ini entah 1 tahun atau 2 tahun mendatang dimulai hari ini.

Update tanggal 16 April 2010

Ac kerasa dingin listrik masih ok, yang jadi masalah sekarang saya dah kecanduan dengan udara yang dingin, sedangkan istri gak kuat udara dingin kalau malam, so terkadang di setting jadi dry… wakeeeee..

Update 17 April 2011

9 April waktunya service saya memanggil teman dari teknisi binus setelah selesai di service ac sempet ngadat ndak bisa di remote perlu di kutak kutik sebentar, pas jam 4 sore ac mulai mati – mati dan puncaknya malam jam 8 ac mati idup tiada henti sampai saya putus aliran listriknya, besoknya minggu saya panggil orang service ac langganan yang sebelumnya (non binus) setelah trace ditemukan thermostatnya rusak plus tombol on of yang nempel di ac ketekan tutup. Biaya perbaikan sebesar Rp 170.000,- ( biaya plus memasang steker kaki tiga untuk menambah keamanan dan kemudahan mematikan listrik).

Update 7 Juni 2012

Setelah lama tidak update info mengenai ac saya, hari ini update lagi info terkininya, 2 hari ini ac rewel lagi kebetulan saya mudik jadi yang tau istri, efeknya ke cdk putri saya yang jadi susah tidur karena kepanasan.

Masalahnya ac sering mati dan ada kode E1 setelah mencari – cari kode tersebut artinya sensor ac untuk ke fan tidak mendetek. Sudah tanya kanan kiri tidak ada yang bisa menyelesaikan akhirnya saya bongkar sendiri setelah coba sana- sini saya menemukan kalau bermasalah kembali pada bagian thermostat, saya meluncur ke bilangan batusari untuk membelinya. Perkiraan saya harga bisa mahal  karena belum pernah beli sendiri sebelumnya. Sampai toko tanya dan mendapatkan harga Rp. 20.000 setelah di pasang ac kembali berjalan normal.

Update 27 Januari 2013
Ac saya kembali ngadat, permasalahannya ac menyala tetapi tidak ada udara dingin sama sekali, asumsi saya karena freon habis, selanjutnya saya panggil teknisi untuk mengecek freon, setelah di cek kondisi freon masih bagus bahkan berlebih jadi mesti di kurangi, menurut sang teknisi ukuran freon minimal 60 maksimal 80, efek kalau kelebihan freon bisa membuat kompresor rusak. Penelusuran dilanjutkan dengan mengecek onderdil dalamnya, onderdil yang di ganti adalah kapasitor. Setelah dilakukan pergantian kapasitor, ac saya kembali normal, harga kapasitor masih dibawah Rp. 20.000

capasitors

47 thoughts on “Pasang AC TCL

  1. Pingback: Tambah daya listrik dari 1300 ke 2200 « Cahpct (cah pacitan)

  2. PARLINDUNGAN HM ALIN

    ANDA TIDAK SALAH MEMILIH AC TCL,TCL ITU MERUPAKAN PABRIK TERBESAR DI DUNIA UNTUK ELEKTRONIK KHUSUSNYA TV,LCD,LED DAN MOBILE PHONES(ALCATEL).

    Reply
    1. cahpct Post author

      Saya sampai saat ini menggunakan belum ada keluhan moga memang kualitasny bagus, di awal sempet merasa kecewa karena marketingnya infonya salah. Apalagi ini kan produk china infonya yang diberikan produk jepang.

      Reply
  3. budi

    pak bagaimana ac TCL skrg-nya skrg? apakah menemukan masalah berarti? apakah AC Masih dingin? lalu apa betul wattnya sesuai dengan pernyataannya low watts? kebetulan saya juga ingin membeli ac tersebut….mohon pencerahaannya dan rekomendasinya, terimakasih

    Reply
    1. cahpct Post author

      Halo Mas Budi,

      Sampai saat ini sih masih baik kondisinya kemaren sempet masalah sekali gara – gara tukang service ac main semprot – semprot air pas mbersihin jadi kena kontrolnya mesti ganti, overall masih ok.

      Tetapi karena saya tinggal di tingkat dan menghadap ke barat jadi kerasa kurang dingin kalau sudah mulai matahari jam 12 ke atas tetapi kalau malam masih dingin banget dan mesti pake selimut kalau bobok, saat ini saya menggunakan 1/2 PK mestinya sudah yang 1 PK.

      Salam
      Cahpct

      Reply
  4. Agung

    Halo Cahpct..!
    Saya menggunakan AC yg sama dgn anda, TCL 1/2 PK, padahal seharusnya minimal ukuran kamar saya menggunakan 3/4 PK, tetapi masih bagus sampai sekarang (sudah 2 thn lebih).
    Tetapi kemarin ada masalah karena saya membersihkan sendiri, motor penutup/pengarah angin tdk dapat tertutup maupun swing. Jadi kalau dimatikan bukan tertutup tp malah terbuka lebar.
    Sementara ini swing saya off dan pengarah anginnya saya arahkan manual dengan tangan saja. Tapi mungkin karena ruangannya terlalu besar utk AC 1/2 PK, jadi dinginnya tidak merata.
    Saya belum bisa menentukan kerusakan di motor atau komponen lain, sementara tukang service belum bisa lihat ke rumah. Tapi saya tertarik dengan masalah dgn termostat anda, setelah diganti dan harganya relatif murah akhirnya AC bisa berfungsi kembali.
    Yang ingin saya tanyakan dimana tempat penjualan sparepart daerah batusari itu? atau ada tempat lain yang dekat dengan saya di Pondok Gede Bekasi.
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    1. cahpct Post author

      Dear Mas Agung untuk masalah swing saya belum pernah mengalaminya. Untuk pembelian sparepart saya di daerah batusari dekat dengan Kampus BINUS JL KH Syahdan Kemanggaisan Palmerah,kalau ingin lebih jelas bisa ym saya di id “bumiprigad” untuk menanyakan yang daerah binus. Untuk daerah bekasi saya kurang faham.

      Dan memang untuk 1/2 PK saat ini sudah kurang memuaskan dikarenakan suhu jakarta terus naik saya ada rencana tahun – tahun kedepan mau upgrade tetapi belum tau seperti apa, yang ada dibayangan cuma yang menggunakan teknologi plasma kalau tak salah.

      Reply
  5. hadiamin@gmail.com

    Salam…. mohon bantuan Dan penjelasan atas masalah ac tcl… yaitu pengaturan selalu berubah Dari 20 derajat berturut-turut sampai ke angka 30 derajat. Bagaimana supaya suhu tetap sesuai keinginan… atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih…..- hadi

    Reply
    1. cahpct Post author

      Halo Mas Hadi,

      Untuk detail masalah suhu saya tidak memiliki kompetensi menjawab, tetapi saya memiliki teman – teman teknisi mungkin bisa membantau silahkan send email ke saya untuk saya berikan contactnya email saya di cahpct@gmail.com

      Reply
  6. rachmadsyah

    salam…..mas saya mau tanya….saya pakai ac tcl….ada masalah ac nya ngk mau dingin mas ….yg kluar dari ac nya cuman angin aja kaya kipas angin biasa….
    terus…selang yang mengarah keluar ruangan ada segumpal salju,kadang menjadi es…
    dan di pengaturanya lampu berada di posisi RUN
    ada masalah ap ya mas dngan ac saya…

    Reply
    1. cahpct Post author

      Halo, kalau ac tidak dingin ada dua kemungkinan pertama adalah karena freon kurang ( freon tidak perlu di ganti seumur hidup apabila tidak bocor, untuk memastikan bocor atau tidaknya mesti di ukur menggunakan alat pengukur tekanan biasanya tukang ac memilikinya), pengalaman saya sendiri ac TCL saya tidak dingin karena proses pemanasannya tidak beres dan mesti ganti part di bagian boardnya. Harga partnya cukup murah sekitar 25 sampai 30 ribu. Pada saat penggantian mesti di buka dan di solder ulang.

      Untuk memastikan ac bener apa tidak salah satu trik mengeceknya adalah dengan merasakan udara di outdoor ac, terasa panas apa tidak kalau tidak terasa panas berarti tidak beres.

      Supaya ac selalu bagus pastikan filter udara di usahakan di cuci setiap minggu atau apabila filter terlihat sudah berdebu. Semoga membantu

      Reply
  7. Gisela

    Pak saya mau tanya, tombol manual untuk menyalakan ac tcl seperti punya bapak itu dimana ya? Ini remote ac saya rusak. Lalu saya cari-cari tidak ketemu dimana tombolnya. Terima kasih.

    Reply
  8. hertinia

    baru pasang ac tlc tp seminggu kemudian ads tetesan air di unit indoorny tp pas dicek tekniso esok harinya tetesan air ga muncul dicek smua ok,kira kira kenapa ya pak,trims jawabany

    Reply
    1. cahpct Post author

      Mungkin lubang pembuangan kesumbat.. dulu saya pernah gitu solusinya ane tiup pakai sedotan minuman

      Reply
  9. Marino

    siang pak.
    mohon pencerahannya.saya pake ac TCL 1/5 pk.saat ac dihidupkan kompresor tidak bekerja cuma fan dan indor saja yg bkrja.posisi remot sudah cool.kenapa yh?kapasitor start n running nya pengaruh tdk pa?
    tmksh sblmnya.

    Reply
  10. Chichi

    Boleh minta teknisi perbaikan yg dimaksud mas? AC ku kurang dingin nich… Tcl juga, beli 2 tahun yg lalu…. Padahal modulnya baru di servis beberapa bulan yg lalu. Takutnya teknisi ac yg terdahulu yg curang

    Reply
    1. alham

      Mas sy pkek AC TCL juga 1pk udah 2 tahun ini ACnya oke2 aj tp pas saya coba2 bersihin sndiri tiba2 ko ACnya gak dingin,,kira2 penguruh keruskan nya apa yah???

      Reply
      1. cahpct Post author

        Kemungkinan thermostat bermasalah .. di ganti saja mas ini kecurigaan pertama, kedua kemungkinan ada kebocoran freon kalau ini mesti isi ulang dan di telusuri apakah ada selang yang bocor kalau sampai bocor mesti di las or di ganti selangnya baru di isi freon lagi.

        Karena secara tekhnis freon tidak perlu di ganti seumur hidup kecuali ada kebocoran.

  11. Dewi Pangkey

    malam.. sy menggunakan ac tcl1/2 pk sudah 6 bln, tp 2 hr terakhir ac tdk dapat d nyalakan.. dg remote hanya bisa fan saja.. d pojok ac ada tulisan E2, sesekali ada warna hijau kedap kedip.. mohon petunjuknya pak untuk memperbaiki.. kebetulan buku panduannya sudah hilang.. terimakasih sebelumnya

    Reply
    1. cahpct Post author

      Failure type = In and out communication failure
      LED CODE = RUN,TIMER –both winking
      DIGITAL LED CODE = E0

      Failure type = Outdoor communication failure
      LED CODE = RUN,TIMER –both winking
      DIGITAL LED CODE = EC

      Failure type = Outdoor sensor
      LED CODE = RUN-1 time/8s
      DIGITAL LED CODE = E1

      Failure type = Indoor coil temperature sensor
      LED CODE = RUN-2 times/8s
      DIGITAL LED CODE = E2

      Failure type = Outdoor coil temperature sensor
      LED CODE = RUN-3 times/8s
      DIGITAL LED CODE = E3

      Reply
  12. eva

    Sore pak tlg dong infonya..saya kan br aj pasang AC kebetulan setelah survey2 sy memilih AC merk TCL krn watt nya kecil 320 1/2pk jd beban listrik ckp dg 900watt. Sy ngambil yg pake pipa kondensor baja jd saat bocor bs cm hy di las bkn ganti baru. Tertariklah sy bt psg ac tsb. Sampe drmh dipasang actu bermasalah g mau jln. Ternyata tu brg tengahnya lembab ms brg baru mo dipasang pake dijemur dl. Itu brg baru lo kok bs bgt. Dah akhirnya g lama kemudian sy nyalakan ac cm bertahan 3 jam sy lalu mati dg sendirinya dg kode E6 di bawah power. Sy akhirnya mt ganti brg baru oleh si penjual. Setelah sy menunggu lama teknisi dr TCL dtg kata pembantu sy bknya diganti baru malah cm bawa alat doang. Sy posisi lg krj jd g tau menau mslh apa yg diganti. Sy komplin lg ke toko krn brg yg sy mt g diganti. Br di jelasin ktnya sensornya yg rusak krn lembab. Ms brg baru yg sy beli ternyata bt sy krg puas. Yg sy ingin tayakan itu brg baru yg sy beli di awal sdh bermasalh trs kira2 dlm jangka 2 ato 5 bulan sy takutnya malah ttl g berfungsi gmn jangka pjg nya…kan rugi saya beli brg rusak. Tlg gmn solusinya pak terimakasi

    Reply
  13. ika afrida

    Malam mas…tolong di bantu..ac tcl sy ada E6 akhir ny di kotak katik sm suami sy bisa dingin tp tidak bisa menggunakan remote di kira sy batre remote abis ketika sdh di ganti batre tetap tdk bisa di gunakan..
    Tolong di bantu solusi ny yah mas…
    Makasih banyak yah mas

    Reply
  14. Bertie rumondor

    Pagi pak aku mo tanya ac tcl ,layar keluar e6 masalahnya indror hidup tapi interiornya ngak hidup.apa kah bisa dibikin lewat remote atau harus ada yang diganti.

    Reply
  15. Fahrul Chandra

    Salam..
    Pak dikosan saya menggunakan ac tcl kebetulan di ac tersebut menampilkan suhu nya, tapi saya lihat suhu yg nampil dilayar ac dgn di remote berbeda dan waktu saya mengganti suhunya berubah dan ga lama suhu yg nampil dilayar ac kembali ke 31

    Reply
  16. Edwin

    Assalam
    Saya barusan beli ac merk tcl, tp blm sempat dipasang sih… stelah mmbaca coment bapak/ibu sy kok jd khawatir ya dgn ac yg barusan dibeli..

    Reply
  17. Edwin Hulopi

    Assalam
    Saya barusan beli ac merk tcl, tp blm sempat dipasang sih… stelah mmbaca coment bapak/ibu sy kok jd khawatir ya dgn ac yg barusan dibeli..

    Reply
  18. andre

    saya juga barusan pasang ac TCL 1/2 pk type TAC 06 CSA / KA, saya kira BTU nya 6000 gak taunya cuma 5000, low watt, ukuran kamar 3 x 4,5 , dinginnya gak NYESSS banget yah , , itu apa karena PK nya kekecilan atau memang standar ac TCL terbaru sperti itu, di situ tertulis buatan indonesia bukan buatan china, kira2 awet gak nih kaya punya mas cah pacitan

    Reply
  19. Yudha

    Tanggal 16 april 16, pasang tcl TAC 06CSA/LC. Di kartu garansi tertera tulisan Berlaku Sampai Oct 2016. Itu berarti hampir habis ya garansi ac tcl saya pak?

    Reply
  20. Cpp

    Ac sayj jg tcl 320w jarang dipakai sdh ada sktr 3th lbh, namun kmrn nyalain semua berjalan spt biasa dan beberapa detik stlh fan indor(blower) menyala kmudian mati dan layar menampilkan eror E6
    Pertama menyala smua bekerja baik fan outdor dan kompresor jg bekerja tp cm berlangsung beberapa detik saja!
    Kira2 apa penyebabnya ya bro?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s