Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan

Saat masih tinggal di pacitan smp dulu saya mendapat saran untuk melakukan wirid. Saran ini di berikan oleh mbah yang beliau ini terkenal pinter dalam hal agama ataupun juga paranormal. Beliau mempunyai latar belakang yang bisa di bilang hitam pernah terjerumus ke hal – hal negatif seperti merampok dan sejenisnya tapi ahkirnya beliau bisa kembali ke jalan yang lurus malah menjadi kyai yangsering ke pesantren  TREMAS dimana Mr SBY pernah tinggal di pesantren tersebut.

Kembali ke wirid yang di sarankan tadi, wirid ini beda loh ama yang biasa, tetapi suruh membaca surah alam nasyrah sebanyak 7 kali setelah shalat ashar saya pun mengikuti walaupun gak faham apa sih maksudnya dan dalil seperti apa yang melatar belakanginya. Kebiasaan  tersebut berlangsung hingga saat ini . Beliau berpesan pada saat hati sumpeg atau fikiran bunel maka dengan wirid ini membantu melapangkan fikiran tersebut gitu deh pesannya.

Nah setelah sekian lama saya coba penasaran juga apa sih  makna di balik ayat tersebut yang di sebutkan pada ayat 5 “fa-inna ma’a al’usri yusraan = karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. Hal kecil tapi bermakna tinggi bagi saya, sekilas hanya kata – kata yang biasa terdengar dan di ucapkan para juru dakwah. Tetapi setelah saya mengalaminya dan coba saya refleksikan wow ternyata ayat ini mengandung pengertian mendalam  sesuai dengan kenyatan kehidupan yang saya alami sehari – hari swer gak bohong kalau bohong kan dosa ya? wakaaaaaa.

Saya mengalami peristiwa seringkali mendapat kata – kata negatif yang di tujukan ke diri saya , kata – kata tersebut mengusik qalbu dan menyulut emosi , setelah saya belajar komunikasi walaupun masih sangat dangkal coba saya alihkan energi emosi tadi ke energi positif, sebagai contoh saya mendapat kata – kata yang kurang mengenakkan hati dan saya tidak bisa tidur karena terbawa fikiran tersebut nah saya gunakan deh untuk melanjutkan resume bahan thesis saya,  wow ternyata hasilnya ok, yang biasanya untuk satu artikel butuh berhari – hari ini dalam tempo  2 jam selesai. Sungguh luar biasa ternyata energi emosi yang di timbulkan tersebut ketika saya  di arahkan ke hal yang positif  justru bisa menghasilkan hasil lebih dari yang biasanya.

Saya baru mampu mengerti sekarang  makna dari ayat di atas walaupun  masih sangat dangkal karena keterbatasan pemahaman dan keilmuan saya. Hal ini menjadi pengingat diri saya untuk terus belajar dan belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s