I shall return

Hari sabtu 26/12/2009 saya bersama istri nonton sang pemimpi awalnya sih agak segen karena sudah nonton pas launching di awal. Tetapi karena menemani kakak ipar ya ikut aza nonton lagi. Nah nonton kedua ini full dari awal nontonya jadi tidak terpotong seperti waktu nonton pertama.

Hal yang menarik adalah ketika siswa sang pelopor di suruh memekikkan kata – kata motivasi untuk membakar semangat ikal dan teman – temanya. Ada satu kata yang diucapkan oleh zaskia nurmala yaitu I shall return. Akhirnya saya penasaran apa sih makna dari kata – kata ini sempet dengar tapi lum paham betul banget maksudnya, kalau secara harfiah artinya adalah “saya akan kembali.

Saya coba cari dan menemukan tulisan sebagai berikut”

“I shall return…” kalimat pendek itu diucapkan Jenderal MacArtrhur pada saat dia meninggalkan Pulau Corregidor di Filipina pada masa Perang Filipina melawan Jepang tahun 1942. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa dia mengucapkan kalimat terkenal itu di Australia setelah meningalkan Pulau Corregidor dengan memakai perahu motor ke Mindanao, dan kemudian bertolak ke Australia dengan sebuah penerbangan dari Bukidnon. Terlepas dari versi mana yang benar – biarlah para ahli sejarah yang membuktikannya – kalimat tersebut begitu singkat tapi begitu terkenal sampai berpuluh-puluh tahun kemudian. Kalimat yang singkat padat itu terpateri dalam jejak sejarah kemanusiaan dan memberikan inspirasi bagi siapa saja yang merasa bahwa perjuangannya belum selesai dan suatu saat akan kembali untuk menuntaskannya. Kalimat singkat itu seolah seperti sihir yang memacu semangat untuk melanjutkan perjuangan. Kalimat lain yang terkenal dari Jenderal McArthur adalah: “old soldiers never die, they just fade away”, yang dikatakannya sewaktu menutup pidatonya di depan Kongres AS.

sedikit gambaran apa sih makna I shall return tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s