Mau semangat ajak diri anda berbicara

motivasiSering saya menjumpai  orang yang suka berbicara sendiri, anak kecil, orang tua, anak muda, kebiasaan  suka berbicara sendiri pasti sudah sangat sering kita menemukannya. Dan secara tidak sadar kita juga sering melakukan hal ini. Tetapi terkadang orang menghubungkan kebiasaan berbicara sendiri ini dengan orang kurang waras alias gila atau edan. Tetapi filsuf besar yang bernama Plato mendefinisikan pemikiran sebagai ” jiwa yang berbicara dengan dirinya sendiri”. Nah loh jangan – jangan selama ini justifikasi kita kepada orang gila itu salah atau tidak benar, ada baiknya kita coba fikirkan dan renungkan.

Saya dengan rutinitas sehari – hari yang selalu duduk di depan komputer menuntut sedikit berbicara tapi banyak berkomunikasi melalui media komputer baik itu chatt , facebook , email ataupun dengan menulis blog seperti ini, nah terkadang kejenuhanpun muncul dan keinginan untuk berkomunikasi dengan orang lain timbul, tetapi yang jadi masalah adalah karena jarang berkomunikasi timbul ke grogian ataupun kekurang pedean pada waktu mesti berbicara di depan umum atau publik, nah hal yang saya lakukan biasanya dengan berbicara dengan diri sendiri baik di depan cermin dan yang paling nikmat adalah pada saat pagi – pagi ke belakang selain membaca buku maka berbicara sendiri juga suatu aktifitas yang menyenangkan dengan melakukan latihan itu maka rasa pede dan grogi bisa di minimalisir bahkan bisa di hilangkan pada saat berbicara di depan orang lain ataupun di depan umum.

Saya sering melakukan berbicara – sendiri pada saat naik motor karena daripada di bilang orang gila bicara sendiri maka saya pada saat naik motor dan memakai helm itu tidak terdengar orang lain maka bebas saya untuk  berbicara dengan diri sendiri, dan apa yang saya dapat ? saya merasa nyaman serta  muncul ide – ide kreatif yang pada saat tertentu saya tuangkan melalui mindmap dan saya tuliskan di kertas dan saya tempelkan di depan meja belajar ataupun di kamar tidur agar saya selalu ingat apa yang saya tulis, maka dengan berbicara dengan diri sendiri inilah saya bisa mendapatkan motivasi diri untuk terus improve dan memperbaiki kualitas diri  dan yang terpenting adalah semangat yang meningkat.

Berbicara dengan diri sendiri bisa mendorong optimisme, dialektik dengan diri sendiri menjadi hal yang menarik untuk di teliti ada teori komunikasi yang membahas tentang ini: “Simbolic interactionismTeori ini menjelaskan bahwa individu yang memberikan makna pada dirinya sendiri, berarti juga memberikan makna pada orang lain. Makna terbentuk melalui interaksi dengan orang lain. Artinya makna merupakan proyek bersama. Makna di negoisasikan dengan bahasa melalui interaksi. Simbolic interactionism adalah cara kita untuk menginterprestasikan orang lain.”untuk  mengetahu lebih lanjut mengenai teori ini bisa dilihat di tulisan blog saya yang saya dedikasikan untuk komunikasi dan PR di sini.

Jika anda benar-benar ingin menikmati kehidupan anda, tidak ada yang lebih baik untuk di ajak berbicara selain diri anda sendiri. Tidak ada orang lain yang mengetahui banyak tentang ketrampilan dan pengetahuan  anda keculai diri anda sendiri. Dan tidak ada orang lain yang dapat membantu lebih baik bagai anda kecuali diri anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s