Blog perusahaan sebagai alat humas

Blog perusahaan sebagai alat humas ( Analisa terhadap penerapan bentuk  pemeliharaan  hubungan)

Abstrak

Studi ini menganalisa kegiatan terkini dan strategi dari blog perusahaan sebagai alat memelihara hubungan. Penerapan kerangka pemeliharaan  hubungan, analisa isi yang di lakukan untuk meneliti bagaimana perusahaan besar memanfaatkan blog untuk membangun dan memelihara hubungannya dengan berbagai publik. 31 blog perusahaan, yang telah di identifikasi dari daftar fortune sebanyak 500 dan 100 dari global merek interbrand, telah dianalisis untuk menentukan karakteristik blog perusahaan dan strategi spesifik apa yang di terapkan untuk memelihara hubungan. Temuan dari studi ini memperlihatkan bahwa di antara  enam strategi pemeliharaan hubungan, postivity , assurance dan berbagai tugas – tugas adalah hal yang paling sering di terapkan olah blog perusahaan. Tidak ada blog yang terlihat di gunakan sebagai akses strategi. Studi ini  menemukan bahwa blog perusahaan dalam pelayanan atau industri retail lebih banyak  menggunakan strategi pemeliharaan hubungan di bandingkan dalam industri rancang – bangung.

Kata kunci, blog perusahaan, strategi pemeliharaan hubungan, feature blog,
managemen hubngan

Blog, didefinisikan  sebagai ” “halaman web yang sering diubah di masukan tanggal yang tercantum dalam urutan kronologis mundur” ( Hearing, Scheidt, Bonus, & Wright, 2004,p.l), adalah salah satu bentuk dari komunikasi praktisi humas secara online telah mulai di eksplorasi sebagai alat untuk komunikasi dengan publik ( Hill, 2005; Smuddle, 2005). Walaupun populasi blog masih relatif kecil, blog terlihat mempunyai penetrasi yang besar terhadap kehidupan pribadi seseorang dan dalam hubungan sosial. Menurut studi yang di lakukan oleh The New Pew Internet dan American Life Project (2005), pada akhir 2004, 7% dari orang dewasa pengguna internet di USA telah memelihara halaman blognya, dan 27 % dari pengguna internet telah membaca blog dari pengguna internet lain. Bandingkan terhadap hanya 2 % pengguna internet yang memelihara blog dan 11 % yang membaca blog orang lain pada tahun 2003,  angka ini mengindikasikan peningkatan yang dramatis (Pew Internet and American Life Project, 2004).

Sebagimana jumlah pengguna blog yang tumbuh dengan pesat, praktisi humas dan pemasar dalam perusahaan besar telah memulai memberikan perhatian besar terhadap blog sebagai alat komunikasi yang terlihat untuk menjangkau berbagai macam publik. Beberapa majalah perdagangan melihat fenomena baru ini. Semisal, pada mai 2005, Bussiness Week meliput cerita tentang blog perusahaan dengan judul ” Blog akan merubah bussiness anda,” menunjukkan beberapa contoh keberhasilan termasuk blog oleh GM dan Stonyfield Farm.

Seperti yang di katakan marken (2005), blog perusahaan dapat menjadi alat komunikasi  yang  efektif dan efesien karena blog mempunyai karakteristik yang unik yang memfasilitasi antara komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah, dan antara komunikasi masa dan komunikasi antar pribadi. Blog dapat secara personal bisa menjadi media komunikasi antar pribadi dan pada waktu yang bersamaan media komunikasi masa melalui salah satu dari itu dapat menjangkau audiens masa anonim. Oleh karena itu, blog memberikan kanal unik terhadap organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan publiknya dengan cara yang intim yang menyerupai kaomunikasi antar pribadi sekaligus menjangkau audiens massa ( Kelleher & Miller, 2006). Banyak peneliti humas yang menyarankan bahwa managemen hubungan antara organisasi dan publiknya adalah sangat mirip dengan hal itu mirip dengan keintiman orang ( Grunig & Hauang, 2000). Kampanye humas sering mengadopsi strategi managemen hubungan yang menggunakan hubungan antar pribadi ( misal antara teman atau anggota keluarga, atau dalam hubungan yang romantis) semisal selalu berhubungan satu dengan yang lainnya, berkomunikasi secara terbuka, atau menunjukkan komitmen. Dalam hal ini, blog dapat di anggap sebagai media sempurna untuk kampanye humas.

Walaupun keinginan berkembang dalam mengadopsi blog oleh banyak perusahaan, blog perusahaan belum banyak menarik penelitian dan beberapa pertanyaan tetap tidak terjawab berkenaan dengan karakteristik dari blog perusahaan, perusahaan apa yang menggunakan blog, stratregi managemen spesifik seperti apa yang di gunakan di dalam blog, dan efek seperti apa yang akan di peroleh oleh perusahaan dari blog perusahaan. Untuk mempelajari dunia baru dari blog korporat dan menjawab pertanyaan dasar termasuk karakteristik kunci dan strategi yang di terapkan dalam blog perusahaan, studi ini di lakukan

Karakteristik blog dan blog perusahaan

Banyak blog tidak begitu berbeda dengan web seperti biasanya dan mereka terlihat seperti web biasanya.  Namun, blog mempunyai fitur – fitur khusus yang membedakan mereka dari bentuk lain dari computer-mediated communication. Fitur ini termasuk :1) Mudah di gunakan sistem managemen isi ; 2) Struktur berorientasi arsip; 3) Informasi terbaru pada urutan pertama; 4) Link ke blog lainnya; 5) Mudah memberikan respon ke posting blog sebelumnya (Huffaker & Calvert, 2005; Herring et al., 2004).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s