Mendengar

mendengarSeringkali saya memperhatikan orang pintar untuk berbicara berargumentasi dan mumpuni dalam melobi. Dari cara bicaranya kelihatan cerdas terlihat bagaimana intelktualiasnya  dalam tataran  tingkat yang tinggi. Dalam memberikan ceramah di depan ratusan bahkan ribuan terlihat lantang jagonya dalam hal public speakking dan terlihat tidak ada celah atau minus yang dimiliki.

Sebagai seorang pemimpin dia terlihat begitu berwibawa dan pintar dalam segala hal. Tapi di balik itu semua orang – orang sekitar melihat bahwa dia adalah pribadi yang bawel suka ngoceh dan malah terlihat angkuh. Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah dia saking pedenya jarang mendengar dan meraba bagaimana orang lain melihat dirinya bagaimana orang lain tidak hanya menjadi pendengar tapi juga ingin di denarkan . Kemampuan mendengar dan kepedulianya kurang peka. Hal seperti ini sangat perlu mendapatkan perhatian dalam berhubungan dengan orang lain.

Hal yang paling buruk adalah mengaharapkan orang lain mendengar tapi dirinya sendiri tidak mau mendengar lambat laun pasti akan membawa efek negatif dalam kehidupan. Rasullulah salah seorang contoh yang memberikan pelajaran bahwa apabila berbicara perhatikan lah wajahnya dan dengarkan dan perhatikan saudaramu kurang lebih maknanya seperti itu . Luar biasa pelajaran moralitas tinggi.

Saya pribadi kalau berbicara di dengarkan di mengerrti bahkan bisa mendapatkan respon saya merasa senang nyaman bahkan saya  akan memberikan penghormatan terhadap orang yang mau mendengarkan tersebut. Sungguh mulia seseorang yang mau mendengarkan orang lain tidak hanya di dengarkan.

Bagaimana menjadi pendengar yang baik? akan saya lanjutkan di posting berikutnya .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s