Maryamah Karpov

Sore hari minggu 8 desember kemaren saya jalan ke mall citra land sehabis seharian nyate kambing hasil dari pembagian hari idul Adha. Punya rencana untuk ke toko buku mencari buku tentang Public relation dan metodologi penelitian kualitatif. Dengan semangat empat lima langsung naik ke lantai atas di mana gramedia berada. Searching kanan – kiri di hamparan buku yang tertata di rak tak menemukan yang di cari. Ada yang menarik perhatian dari pertama masuk ” Maryamah Karpov” satu buku yang saya tunggu kehadiranya. Setelah saya menuntaskan edisi – edisi pendahulunya. Dan akhirnya saya putuskan tuk membeli novel yang satu ini.

Ini sekedar cuplikan dari novel itu :

Maryamah Karpov adalah novel keempat karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada November 2008.Maryamah Karpov merupakan buku terakhir dari Tetralogi Laskar Pelangi dan terdiri dari 2 buku , bagian pertamanya dengan sub judul : Mimpi-Mimpi Lintang.Di buku ini rencananya Andrea akan mengisahkan tentang Arai, Lintang, A Ling, dan beberapa pertanyaan yang belum sempat terjawab di 3 buku terdahulu.

Maryamah Karpov dilaunching pada tanggal 28 November 2008 di toko buku MP Book Point, Jakarta, dan beredar secara resmi mulai tanggal 29 November 2008.Launching buku ini mendapatkan expose yang cukup besar dari media massa dan mendapat perhatian banyak dari khalayak pecinta buku terutama oleh penggemar Tetralogi Laskar Pelangi.Bahkan ada beberapa pihak yang menganggap antusiasme terhadap launching buku Andrea Hirata ini sebagai JK Rowling– nya Indonesia.

Petikan dari buku Maryamah Karpov :

Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Dengan sepenuh hati, Ikal rela berlayar mengunjungi pulau “Batuan” atau lebih dikenal sebagai pulau tempat para lanun berkumpul dan bersembunyi dari polisi. Ikal bersusah payah ke pulau itu hanya untuk bertemu A Ling. ia tidak peduli akan nyawanya. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali? Novel ini menceritakan semua hal tentang Laskar Pelangi, A Ling, Arai, Lintang, dan beberapa tokoh dalam cerita sebelumnya. Tetap dengan sihir-sihir kata-katanya, Anda akan dibawa Andrea pada kisah-kisah yang menakjubkan sekaligus mengharukan. sumber

Ending dari cerita ini ikal menemukan kembali A Ling yang telah di carinya sampai mengelilingi eropa tapi akhirnya bisa bertemu kembali di pulau batuan di sarang perompak. Sedikit bosan saya membacanya tak seperti membaca edensor tapi di ending cerita bisa menarik lagi.

Salute to Mr andrea Hirata ( keep dream) and make it true.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s