Suatu konteks bahasa yang perlu di cermati

Agama-agama itu tidak menjawab keinginannya sebagai agama yang ia anggap cukup masuk akal, agama yang menjelaskan seluruh aspek kehidupan, agama yang mengajarkan kepekaan. Agama-agama yang ia pelajari, Yudaisme dan Kristen saling tuding bahwa agama lain di luar agama itu, salah. sumber

Tergelitik untuk mencermati tulisan di atas, di jelaskan bahwa Yudaisme dan Kirsten saling tuding bahwa agama lain di luar agama itu adalah salah. Yang jadi pemikirannya adalah bahwa jelas sekali dalam islam juga mengatakan bahwa dien selain agama islam adalah salah dan tidak di terima di sisi ALlah. Jadi dari sisi pembahasaan kalau di cermati bisa di artikan bahwa Kristen  Yudaisme dan Islam adalah juga termasuk agama yang salah.

Nah akan lebih baik  apabila jurnalis  memperhatikan pemaknaan kata – perkata dari tulisannya. Akan bisa mengukur profesionalisme dan kredibilitas dalam setiap tulisan – tulisannya.  Apabila kecermatan dan keprofesional dalam olah kata tidak baik tentunya apa yang terjadi. Pembacapun akan mempunyai asumsi dan pemikiran bahwa itu adalah betul bagi yang awam dan kurang memahami apalagi. Nah di kala hal itu termuat dan terpaparkan di media tentunya akan membuat hal yang fatal. Apalagi di era kebebasan pres yang sudah kebablasan seperti saat ini. Seandainya media yang terlihat lurus dan bagus tetapi ternyata dalam pembahasannya kurang pas dan cenderung kurang profesional  kemana lagi audiens di indonesia akan terbawa?

Teman – teman jurnalis, hal ini terpaparkan bukan karena kebencian tapi justru kegundahan bagaimana hal seperti ini perlu di cermati dan di berikan pelurusan sebagai pendorong untuk lebih objektif, profesional, independent dan juga memberikan informasi yang kredibel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s