Komunikasi?

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Setiap hari kita pasti berkomunikasi, baik itu bicara , becanda tersenyum sedih bahkan meluapkan kegembiraan. Bahkan sekarang banyak sekolah yang mengkhususkan mempelajari komunikasi. Salah satu hal yang menunjang dalam keseharian  dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan makhluk di muka bumi ini yaitu komunikasi. Sebenarnya apa sih komunikasi itu ? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat definisi komunikasi dari para pakarnya :

Komunikasi adalah seluruh prosedur-prosedur dimana satu pikiran bisa mempengaruhi lainnya. ( Weaver, 1949)

Dari satu segi pandangan komunikasi, peristiwa itu mungkin saja mengamati dalam ketenaga-kerjaan [dari] simbol (tindakan), di bawah keadaan spesifik (pemandangan), oleh seorang individu atau individu(agen), menggunakan media terpilih (agensi) untuk akhir yang didefinisikan (tujuan). (Bobcock, 1952).

Komunikasi adalah proses dimana kita memahami lain serta pada gilirannya usaha untuk dipahami oleh mereka. adalah dinamis, secara terus-menerus berubah dan pergeseran sebagai jawaban atas total situasi. ( Hovland, Janis, and kalley 1953).

Komunikasi adalah proses dimana kita memahami lain serta pada gilirannya usaha untuk dipahami oleh mereka. Adalah dinamis, secara terus-menerus berubah dan pergeseran di/dalam respon ke/pada total situasi. (Andersen 1959)

Komunikasi adalah satu proses itu membuat umum ke/pada dua beberapa monopoli satu atau beberapa. (Gode 1959)

Komunikasi tidak mengacu pada verbal, exlicit, dan transmisi internasional [dari] pesan sendiri, konsep [dari] komunikasi akan meliputi semua proses itu dengan mana pengaruh orang satu sama lain. (Ruesh and Baterson 1961)

Komunikasi, pada dasarnya, stimulasi dalam pikiran [dari] lain dari secara esensial anda awereness, pemahaman, dan perasaan [dari] impotance peristiwa, perasaan, fakta, opini, atau situasi anda adalah attemting untuk melukiskan. ( Oliver, zelko, and Holzman 1962)

Komunikasi di antara manusia adalah seni informasi pemancar, ide-ide, dan sikap dari satu orang ke lainnya. (Amerly, ault, and A gree 1963)

Komunikasi adalah prosses dimana seseorang mengurangi ketidak-pastian tentang beberapa tatapan mata [dari] afair oleh pendeteksian [dari] isyarat/tongkat bilyard [yang] tampak [seperti] dia untuk [menjadi] relevan ke/pada kondisi itu.( Lewis 1963)

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Nah dari beberapa uraian definisi di atas kita jadi tau apa sih sebenarnya komunikasi so kita yang pengen sukses dalam kehidupan sehari hari sudah fardu ain mesti mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif. Sebagi contoh saya yang sehari-hari bekerja di bidang It dan secara umum orang – orang it itu sulit dalam komunikasi verbal karena biasanya kami melakukaan komunikasi melalui email ataupun media elektronik lainya sehingga untuk bicara dikala ketemu orang menjadi bahan yang jarang di lakukan ,beda benget di kala dulu saya masuk ke bidang pariwisata yang di tuntut selalu tersenyum dan menyapa siapa saja yang kita temui, sebenarnya alangkah indahnya kalau selain skill It yang ok tapi juga skill komunikasi verbal yang ok pula, sok pasti akan jadi nilai tambah. Dari sini saya coba menarik sedikit analisa seandainya ada orang ahli It tapi juga ahli komunikasi dari sisi nilai jual pasti akan lebih tinggi daya tawarnya. Gimana menurut anda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s