Tambah daya listrik dari 1300 ke 2200

Semenjak saya pasang pendigin udara AC saya mesti bijak untuk menggunakan listrik, kenapa pasal? di karenakan daya listrik di rumah hanya 1300. Sedangkan penggunaan bisa melebihi daya yang tersedia, penggunaan antara lain untuk kulkas 2, AC, komputer , dispenser 2 , Tv, seterika, exhaust fan, kipas,  mesin air terakhir lampu. Pada saat pemakaian bersama – sama di pastikan listrik tidak kuat menampung permintaan daya . Tetapi di kondisi tertentu pada saat penggunaan terpaksa tidak bisa di buat bijak karena kebutuhan yang mesti menyala bersama – sama maka sudah saatnya saya berfikir menambah daya listrik yang ada.

Selanjutnya saya mencari informasi bagaimana caranya dan berapa biaya untuk  menambah daya,  terlintas untuk menggunakan  jasa orang lain untuk mengurus tambah daya agar tidak repot dan terima jadi  akhirnya di kenalkan oleh saudara dengan orang yang mempunyai jasa  tersebut dan saya menghubungi  orang tersebut alangkah terkejutnya setelah tau bahwa orang tersebut meminta jasa Rp. 800.000,- net tidak bisa di tawar di tambah embel – embel kalau dengan orang lain bisa Rp 1.000.000,- lebih. Waduh langsung saya urungkan deh niat saya untuk menambah daya sambil kalau memang terpaksa ya apa boleh buat.

Nah hari ini 21 mei 2010 selepas mengantar istri ke kantor sebelum saya masuk kantor, saya terlintas lagi untuk menambah daya dan langsung meluncur ke kantor PLN di Intercon arah ke kampus mercubuana, saya  mendapatkan pelayanan yang cepat dan mendapatkan informasi yang jelas berapa biaya dan apa persyaratanya. Saya langsung mengisi formulis rdan membayar biaya yang di perlukan dan pemasangan di janjikan dalam waktu 10 hari kerja. Adapun syarat dan biaya sebagai berikut:

  1. Foto kopi KTP
  2. Foto kopi rekening listrik
  3. Mengisi form permintaan tambah daya + materai 6.000

Biaya:

  1. Uang jaminan langganan pola a = Rp. 101,300
  2. Biaya penyambungan (dis 0%) = Rp. 270,000
  3. Administrasi =Rp. 0
  4. Materai = Rp. 3.000 + Rp. 6.000

Total = Rp. 380,300,-

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya bisa menuju ke TKP :

PT.PLN (PERSERO)

DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG

AREA PELAYANAN KEBON JERUK

Pertokoan Intercon Blok A. IX No.7-8

Jl.Meruya ilir Raya Jakarta 11520

Telp.5846761, 5846766 Fax. 5871458

Update Jumat 4 Juni 2010

Hari ini PLN menaikkan daya listrik menjadi 2200, jadi hitungan PLN hari kerja adalah di luar hari sabtu dan minggu dan juga tanggal merah. Di awal saya mengajukan tanggal 21 mei 2010 dan baru hari ini di pasangkan kenaikan dayanya. Pas saat pemasangan sekalian informasikan ke petugasnya bahwa listrik di rumah itu kalau sudah sore redup atau istilahnya spaning nah minta sekalian betulin ternyata mereka tidak bisa dan di sarankan melaporkan langsung ke bagian gangguan. Sesampainya di kantor saya informasikan istri untuk menelpon pihak pengaduan PLN dan dari pihak PLN menjawab akan ada orang yang mengecek kemungkinan hari ini. Saya masih menunggu apakah PLN betul mau datang hari ini atau hari lain.. tunggu kabar berikutnya.

Update jam 15.30 Jumat 4 Juni 2010

Akhirnya orang PLN datang dan telpon, setelah di cek memang tegangan listrik di rumah turun kira- kira 180 v mestinya yang normal adalah 220 seperti standart listrik yang di perlukan alat-alat elektronik, tindakan yang di ambil oleh PLN adalah memindahkan jalur kabel saya ke kabel yang tegangannya lebih tinggi dan maksimal adalah 200 V, kenapa maksimal hanya sebesar itu alasan PLN karena tiang listrik rumah saya jauh dari gardu PLN jadi tegangannya turun. Selanjutnya saya akan mengecek hasilnya nanti setelah jam 6 atau sekitar sehabis magrib karena jam segitu biasanya lampu di rumah redup mungkin karena load penggunaan listrik PLN paling tinggi jam segitu.

Update 20.10.2010

Setelah lama tidak melihat tulisan ini saya tambahkan cerita selanjutnya, sampai saat ini PLN di rumah cukup lumayan normal jarang redup tapi jeleknya pemakaian di rumah terus meningkat yang awalnya 200 ribuan sebulan saat ini sampai 350 ribuan sebulan sudah saatnya meminimalkan pemakaian selain irit juga penghematan uang maklum sudah punya CDK gitu loks.

Update 26 Maret 2012

Hari minggu kemaren 25 maret 2012 di dekat rumah ada kabel listrik terbakar yang efeknay sampai kerumah dan beberapa rumah tetangga padam. Setelah menghubuin PLN kabel di betulkan. Seselasi dibetulkan pas malam listrik sering banget redup ac suka mati sendiri. Satu lagi yang baru ketahuan Kulkas tidak dingin pahal stok makanan buat CDK banyak di kulkas. Saat ini saya mencoba contact pln tetapi belum ada informasi lebih lanjug

About these ads

55 thoughts on “Tambah daya listrik dari 1300 ke 2200

  1. irwan

    Slamat malam pak, senang mendengar info ini dari anda, bagaimana kelanjutan instalasi penambahan daya listriknya?
    Pak, saya memasukan tagihan listrik melalu kartu kredit, apakah ada masalah dgn hal tsb.
    Terima kasih utk info ini.

    Reply
    1. cahpct Post author

      Maaf baru di balas installasinya lancar mas cuma hari ini pemakaian naik terus dari 200 ke level 350 an perbulan..

      Reply
  2. uchi

    hari ini saya baru saja ke kantor PLN intercon kbn jeruk bertemu dengan cs, untuk menanyakan perihal penambahan daya 1300 – 2200 w, ternyata tdk dirinci hanya di total biaya sebesar Rp, 828.300. waduw biaya apa ya itu? sya lupa tanya,muahal banget klo liat dari info di blog ini

    sepertinya harus balik lagi ke PLN nya niy

    makasi info nya ya

    Reply
  3. yusuf

    mas..itu biaya 380rb bener segitu…
    denger-denger ada yg 500rb ada yg sampe 1 jt segala..
    saya mau naikin daya juga nih dari 900 ke 2200 terkait banyak barang baru di rumah yg butuh listrik. kira-kira brp ya mas biayanya…
    apakah tiap wilayah beda biayanya?saya di jaktim

    thx

    Reply
    1. cahpct Post author

      Mas yusuf itu betul banget mas saya awalnya juga mau di kerjain calo. dia bilang sampai 1 juta lebih apalagi kala ndak lewat dia … gitu berhubung ndak punya uang saya hold dan karena penasaran saya langsung datengin PLN bener itu pengalaman yang sya dapet sendiri mas .. ternyata jauh.. masalahnya nih PLN ndak masang jelas di webnya biaya berapa gitu jadi kan rada menyesatkan dan buat permainan para calo itu…semoga membantu info yang saya berikan.

      Reply
    2. Muzakir

      Gartis tambah daya bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA menjadi 1300 VA dan 2200 VA, segera lakukan tambah daya, program ini diperpanjang dari 30 Juni 2011 s/d 31 Desember 2011 tanpa dikenakan biaya apapun
      Sumber resmi dari PLN…………. saya baru tambah daya 900 VA ke 2200 VA senin tgl, 5 Desember 2011….gratissssssssssssss

      Reply
  4. Mirak

    Barusan apply tambah daya dr 2200 ke 3500, Persyaratan sama, biaya total 1.256.800. Dgn perincian:
    Biaya Sambung : 1.007.500,-
    Uang Jaminan Langganan : 243.300,-
    Materai : 6000,-
    Info dr CS PLN memang ada kenaikan harga sejak Juli 2010.

    Reply
  5. Mirak

    Utk info, sore ini juga sudah terpasang limit baru sesuai permohonan kenaikan daya. Salut utk kecepatan kerja PLN, meskipun sudah diwanti wanti utk menunggu selambat lambatnya 10 hari kerja.

    Reply
  6. Alamsyah Bermanno

    Saya mau tambah daya dari 900 ke 2200 untuk usaha warnet diwilayah Cawang – Jakarta Timur, yang mau saya tanyakan sbb:
    1. Bagaimana hitungannya ya, apa dimasukkan kategori bisnis atau pribadi? karena saya tinggal di rusun karena di lingkungan rusun listriknya disubsidi.
    2. Biaya apa saja yang musti saya bayar?
    Terima kasih.

    Reply
  7. rano purbawa

    Malam Pakboz,,,
    ni aq di jogja,,mo tanya ki pak boz…
    aq mo pasang listrik baru ni,,kmrn ditawarin biaya total semuanya 2.800.000,- bener ga ya itu pak boz???setelah baca tulisan pak boz kok aq jadi ragu ya….mohon infonya pak boz…

    Reply
  8. tresno

    Begini mas, aq 1300 mau nyari ke 2200, tp dikasi solusi pakai pulsa listrik, naah sy takutnnya malah jd tambah boros neh.. Sy pengen nambah karena br ada anak bayi jd tambah ac 1pk (tipe ac low watt), sebelumnya sy sdh pakai water dispenser, tv 3, kipas angin 2, kulkas 1, magic jar 1, dan lampu lainnya…. Kira2 bgm ya?

    Reply
    1. cahpct Post author

      Kalau pake pulsa itu kan malah bisa ngatur secara logika sih ndak mesti boros ya .. kan kalau abis dah gak isa nyala malah….

      Reply
  9. Rully

    saya baru tambah daya dari 1300 ke 2200 pakai pulsa listrik, kata petugas pln nya lebih irit yang pakai pulsa karena tidak ada biaya abodemennya(+/- 80 ribuan), jadi cuma bayar sesuai pemakaiannya aja. biaya 1 kwh untuk listrik 2200 sebesar 795. dan proses penambahan dayanya juga cepat, saya ngajuin ke pln tgl 17 februari 2011(siang), petugas plnnya datang ke rumah utk pasang tgl 23 feb 2011 (sore). biaya tambah daya 1300 ke 2200 sebesar Rp. 678.000.

    Reply
    1. cahpct Post author

      Oww iya ya.. btw listrik pulsa sama tidak itu murah mana ya? karena listrik dirumah ini sekarang sudah menembus 400 ribu bulan ini.

      Reply
  10. wisnu

    Iya sekarang (sampai Juni ini saja) tambah daya memang Rp 0, untuk yang dari 450 VA atau 900 VA ke 1300 VA atau 2200 VA, tapi untuk yang dari 1300 VA ke 2200 VA tetep ada bea tambah daya….
    Kalau aku lihat sama, bea prabayar dengan postpaid – sekarang ndak ada lagi bea beban tapi ada rekening minimum….. http://www.pln.co.id/?p=49

    Reply
  11. Singo

    saya mau nanya kalau tambah daya dari 2200 ke 4500 berapa ya biaya keseluruhannya? sebenarnya BP ke Pln berapa?

    Reply
    1. cahpct Post author

      Menggunakan yang sistem pulsa saja ndak pakai beban, saya juga berfikir kalau bisa tanpa beban 2200 bisa minimize buget sampai 80 ribuan

      Reply
  12. Ve

    hmm…. tadinya saya mau tambah daya dari 450 ke 1.300 tapi takut bulananya mahal.
    rencananya saya mau pake sanyo, kulkas, dispenser, kipas angin 3, radio 2 televisi 2, mesin cuci 1, magicom, setrika, kira2 daya 900 cukup atau tidak ya ??
    kalau tambah daya ke 1.300 kira2 dengan pemakaian barang tersebut biaya perbulannya bisa berapa ya ?? bisa nda dibawah 200rb, karena kalau daya 450 saya cuma bayar 70rb/bln itu jg paling mahal, tapi belum ada kulkas, sanyo n dispenser.
    kalau bisa kasi masukan, tolong masukannya ya, karena sampai sekrang saya bingung mau 900 atau 1.300

    Reply
    1. cahpct Post author

      Kemungkinan bisa asal pemakaian di atur saja..kalau mang bisa solusi yang pake pulsa lebih hemat kan tidak kena biaya beban

      Reply
  13. cheap

    Pak say amau tambah ke 2200 kva dari 1300 kvakarena di rumah listrik sudah ngak kuat lagi boleh tahu rata2 pemakain berapa ya….pak kalau ac 1/2 PK 2 buah, kulkas, komputer, rice cooker, tv 2 buah. Tadinya sya tiap bulan sekita 200-250 ribu..terimakasih

    Reply
    1. cahpct Post author

      Saya saat ini setiap bulan mencapai 450 naik turun dikit, penggunaan 1 ac 1/2 pk, kulkas 2, mesin cuci, tv 2, seterika, air tidak ada penampungan kamar mandi dua, plus lampu, dispenser 1 (catatan ac hampir 24 jam menyala rata rata pemakaian 20 jam sehari semalam

      Reply
      1. Gunawan

        Thx infonya.. saya jg mo naikin nih rencana.. dr 1300 ke 2200. krn AC 2 nyala bersamaan mlm n pas pompa air nyala juga lgs deh mlm2 anjlok. skrg aja saya sktr 250rb.. kl dah 2200 jd brp ya he.. kl dgn yg prabayr lbh murah or sama aja ya..? Thx.

  14. ibu rika

    mau tanya pak, listrik 2200 kva pakai nya komputer 4, ac 1/2 pk, tv, kulkas, magic com 2, mesin cuci, kipas angin 2 terakhir lampu.. yg buat sy bingung perbulan nya sampai 960. apa ada yg salah dgn pemakaiannya? komputer watt nya besar ya? karena sebelum tmbh komputer (dulu hanya pakai 1 komp) perbulan hanya 320. thx.

    Reply
    1. cahpct Post author

      Betul komputer itu besar wattnya 350 an ..saya di rumah komputer desktop saya jual saya ganti menjadi laptop dengan alasan untuk penghematan listrik

      Reply
  15. Tony

    Pak, mau tanya saya tinggal di daerah Batu Ceper Jl. Daan Mogot Tangerang di Perum. Daan Mogot Arcadia. Mau menaiikan dari 1300 jadi 2200, itu urusnya ke kantor PLN Area mana ya ? Bisa minta tolong informasinya dan biayanya sekarang berapa ?

    Reply
    1. cahpct Post author

      Saya kurang faham lebih baik coba contact ke PLN kalau ndak tau coba telpon ke pln yang saya tulis di blog ini.

      Reply
  16. daniar

    pak saya mau tanya kalo biaya untuk tambah daya untuk wilayah cilacap jateng,sekarang berapa ya?dari 450 watt ke 900,karena saya pengin tambah daya rencananya untuk pasang AC

    Reply
  17. rindy antika

    pak saya mau tanya saya tinggal di perumahan rawa lumbu bekasi. listrik di rumah saya cuma 1200 sedangkan saya makai ac1pk, ac1/2 pk, tv 2, kulkas, mesin cuci, jet pam, majic com, lampu2, kipas 3. listik gak kuat kira kira harus tambah daya berapa ya? kena biaya berapa? ya pak

    Reply
  18. rully

    Klo pake sistem pulsa sebetulnya bagaimana pemakaian, bisa besar…..bisa rendah. Hanya klo pake pulsa gak ada denda, saya gak tau apakah ada biaya abonemen atau tidak, klo kwh nya sudah mendekati batas mau habis…….akan bunyi tit….tit….terusan sampai pulsa kembali di isi, jadi…..ya bergantung tiap keluarga enak atau tidaknya. Yang pasti sistem pulsa tidak akan ada kesalahan perhitungan karena petugas PLN salah mencatat, dengan sistim pulsa pemakaian listrik kita yang mengatur.

    Reply
    1. cahpct Post author

      Terima kasih mas komentarnya sangat berguna bagi saya yang sudah makin tinggi pembayaran listriknya ini.

      Reply
  19. rifat qudsi

    mhn info pak :
    sy mengajukan tambahan daya / pasangg baru dgn no reg : 5441012014756 sbb. :
    1. pembayarn via ATM sdh dilakukan
    2. SLO sdh ada
    pemasangan belum dilakukan, malahan info dr pln harus ada IMB ?
    1. rmh berada di komplek PU dan dibangun ahun 80′an jd IMB induk sulit untuk dicari
    2. Rumah diadakan renovasi seperlunya, dan dr informasi Kecamatan IMB diperlukan utk pasang baru dan bila beentuk bangunan mengalami perubahan

    atas kondisi tersebut dan agar daya listrik segera terpasang, apa yang harus sy lakukan ???

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s